language Translations "Mbah Google"

ArabicJapaneseChinese SimplifiedRussianEnglish
FrenchGermanSpainItalianDutch


Kamis, 14 Juni 2012

Test Review: Nissan NV200 Evalia oleh Sgcarmart.com

Berhubung unit NV200 Evalia belum tahu kapan akan dilaunching at least mungkin dapat dishare sedikit review mengenai Nissan NV 200 yang beredar diluar negeri. Versi 7 seater memang agak jarang dan yang direview adalah versi panel van namun kalau dipikir-pikir basicnya sebenarnya sama hanya bedanya yang versi penumpang ada jendela dan kursi dan versi panel van khusus untuk dipakai sebagai angkutan barang.  Review ini saya terjemahkan dari Sgcarmart.com dimana NV200 cukup banyak berseliweran di negeri Singa alias Singapura. Besar harapan konsumen dapat mempertimbangkan betul membeli suatu kendaraan dan bukan hanya karena barang baru dan tidak tahu seperti apa sudah langsung inden.
Gallery
Walau tidak sekuat dan secepat para pesaingnya namun bila berhubungan dengan jalan santai maka Nissan NV200 adalah sebuah van yang multiguna yang dapat memakan perjalanan panjang dengan mudah. Namun seperti kebanyakan van, prioritas utama bukanlah kecepatan dan tenaga namun kegunaan dari ruang yang menarik pembeli.
Sebagai awalan van ini mempunyai ukuran yang sangat kompak  - panjang 4.4 meter , tinggi 1.86 meter dan lebar  1.69 meter. Dengan ukuran seperti ini, maka kendaraan ini adalah kotak ajaib dengan ukuran kompaknya yang mungkin tidak dapat kelihatan apakah penumpang atau barang dapat leluasa masuk. Namun pada saat kita memasukkan barang baru kelihatan betapa luas dan berpotensi van ini.NV200 adalah pilihan yang sangat berguna bila memerlukan ruang barang yang luas dan Nissan mungkin te;ah menciptakan suatu van yang dapat menjual dengan baik. Eksterior 
Selama pengembangan  NV200 perhatian utama yang diberikan Nissan adalah menjamin kualitas tinggi dari kerapatan panel bodi yang sesuai dengan harapan pembeli mobil penumpang.   NV 200 mempunyai tinggi lantai kargo  524mm dan ini merupakan yang terendah dikelasnya, ini memungkinkan pemilik usaha dapat menaikkan dan menurunkan barang dengan mudah.
Saya kira NV200 telah didesain agar dapat berfungsi sebagai kendaraan niaag dan penumpang. Hal ini karena desain bagian muka sangat berbeda dengan van yang kita lihat dijalan. Jika desainer NV200 telah memikirkan hal seperti itu maka kita dapat melihat bahwa tampilannya sangat mirip dengan SUV.
Bagian muka sangat tebal dan besar dan lampu utama ditarik kebelakang sehingga ada penampilan yang elegan dan berotot.  Intake besar mengisi bemper depan dan digabung dengan lampu kabut bulat menambah sedikit tampilan yang manis bagi van ini.
Dari segi desain keluar masuk maka NV200 mempunyai sepasang pintu geser yang biasa serta pintu dobel pada bagian belakang (versi penumpang akan mendapatkan pintu seperti hatchback).
Namun pada bagian belakang adalah dimana keajaiban terjadi.
Gallery
Walau kebanyakan van berpenampilan kotak, van ini kelihatan lebih besar dan tinggi. Tidaklah begitu buruk karena memang itulah tujuan utama dari NV200, namun lampu belakang dibentuk sangat unik dengan logo NV200 yang terpampang dengan bangganya pada bagian belakang.
Interior
Gallery
Bagian dalam dari NV200 mempunyai kesederhanaan – terutama dengan sistem stereo JVC – sehingga dapat digunakan dengan mudah dan hanya sekedar buat mendengarkan musik. Namun walau sesimpel kelihatan sebuah mode AUX-in diberikan sebagai opsi.  Sebuah dasbor yang kelihatan simpel sangat dapat diterima terutama dengan karakter kendaraan ini, namun tidak bagi setir yang kelihatan terlalu membosankan. Warna abu-abu tua juga memberi kesan depresif untuk berada didalamnya. Sebuah fitur yang tidak dapat dipungkiri berbeda adalah saklar sein. Tidak seperti kendaraan Jepang pada umumnya, saklar sein pada NV200 berada di sisi kiri bukan di sisi kanan. Jadi mirip dengan kendaraan Eropa. Ini karena NV200 didesain di Inggris namun dirakit di Jepang. Itulah sebab perbedaan dengan kendaraan Jepang lainnya.
Gallery
Namun posisi mengemudi dan ruang penyimpanan yang banyak akan menghilangkan kekurangan yang ada.
Kursi pengemudi berada agak sedikit tinggi sehingga dapat memberikan visibiltas yang baik. Kursi juga memberi dukungan yang baik sehingga nyaman pada perjalanan jarak jauh.   Baik pengemudi maupun penumpang mendapatkan cupholder yang berada pada dasbor dan konsol tengah, serta ada juga ruang penyimpanan yang besar didasbor yang dapat dipergunakan untuk menyimpan file . Kekurangannya dia tidak ada penutup sehingga file dan kertas-kertas kita jadi kelihatan.
Gallery
Sama dengan kabin depan maka ruang kargo dapat dikatakan sedikit diremehkan. Ruang yang dapat diberikan NV200 sangat impresif untuk sebuah van kecil dan memberi keuntungan tawar yang besar. Ruang kargo adalah sebesar  4,200 liter dengan daya dukung seberat 752kg dan mempunyai pintu belakang yang dapat membuka  180 derajat , dan sanggup memasukkan dua palet Eropa dengan mudah.
Gallery
Pengendalian

Setir yang ringan dan girboks manual lima percepatan yang presisi menjadikan NV200 sangat ideal untuk jalan di dalam kota dan jalan sempit. Radius putar 5.5 meter juga memudahkan dia bila berada di jalan yang sempit. Ada body roll pada saat mengendarai mobil ini namun itu adalah ciri khas sebuah van. . Walau dia berjalan cukup baik selama test drive dan pada saat memasuki jalan bergelombang masih dapat berjalan dengan cukup baik serta menikung dengan penuh kontrol namun suspensi seharusnya dapat diperbaiki lagi (ingat Singapura mempunyai jalan yang lebih mulus dari Jakarta, jadi besar harapan PT. NMI dapat settingan suspensi yang nyaman).  NV 200 sangat hening pada saat jalan dan mempunyai sedikit bunyi angin dan mesin, itu juga berlaku pada kecepatan tinggi. Hal ini tentu sangat mengejutkan mengingat ini adalah compact van.
Saya sendiri merasa bahwa tongkat persneling berada pada posisi yang cukup baik. Dan walau kursi memberikan daya dukung yang cukup baik saya tidak dapat menemukan saklar untuk mengatur posisi setir. Akan sangat membantu bila setir dapat diatur naik turun.
Gallery
Secara keseluruhan kotak bermesin 1.5 liter ini cukup baik dikendarai. Dengan tenaga puncak sebesar 85 hp pada 3750 rpm dan 200Nm pada 2000rpm merupakan suatu kendaraan yang dapat dikemudikan dengan baik. Kesimpulan 

Kotak ini membawa kita ke tingkatan baru dari luas ruang dan kenyamanan pada compact van. Ini adalah salah satu kendaraan yang cukup baik untuk diihat, mudah dikendalikan dan praktis bagi orang untuk bekerja. Dia juga adalah pemenang dari beberapa penghargaan seperti 2010 International Van of the Year dan Van of the Year 2010.
Gallery

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar