NV200 Vanette leaf spring(Evalia JDM)
Disaat yang lain pada merubah suspensi pake per keong(coil spring), dengan percaya dirinya Nissan Evalia menggunakan Leaf Spring atau sebutan keren nya per daun. Pastinya ini akan membuat calon konsumen mengernyitkan dahi dan penuh tanda tanya besar terutama yang awam perkembangan teknologi. Image per batang (leaf spring) bagi konsumen Indonesia lebih mengacu pada mobil beban berat yang kerap jauh dari kesan nyaman. Namun Leaf Spring memiliki kelebihan, yaitu kesetabilan.
Dengan pemakaian Leaf Spring lantai Evalia bisa lebih rendah sehingga menghasilkan space interior yang super lega. Dengan lantai yang rendah, membuat centre of gravity akan menjadi lebih baik dan memberi pengaruh terhadap kestabilan di kecepatan tinggi mengingat body Evalia yang besar dan tinggi. Selain itu, dengan penggunaan leaf spring, maka titik yang bersinggungan dengan platform akan semakin banyak. Bila menggunakan coil spring (per spiral), maka setiap roda hanya memiliki satu titik tumpuan. Dengan leaf spring, maka akan ada dua titik. Alhasil, kemampuan saat bermanuver akan lebih baik bila menggunakan leaf spring meski dengan dimensi kendaraan yang cukup besar. Dan tentunya gejala limbung saat  manuver juga tereliminasi.
 Masalah kelembutan suspensi, engineer Nissan tinggal menyesuaikan kekerasaan per dari bilah per yang digunakan, material, sudut lengkungan dan fleksibel dari desain suspensi serta sasis. Jumlah bilah per juga berpengaruh. Uniknya Nissan Evalia ini cuma memakai 1 helai saja tiap roda(belakang). Ini juga termasuk teknologi terbaru per daun atau disebut juga Single Leaf spring. Bahkan model Single Leaf Spring begini juga tersedia untuk truk berat. Jadi tidak usah kawatir soal kenyamanan meski  pakai per daun. Toh ada juga mobil yang sudah pakai per spiral bantingannya masih terasa keras.
evalia leaf spring
Pemakaian per daun ini juga mengurangi bobot mobil karena lebih sederhana dan memakai  lebih sedikit komponen dibandingkan per spiral. Lagi, pemakain per daun juga membuatnya tidak terlalu banyak link dalam suspensi sehingga tangguh menghadapi jalanan yang kurang mulus dan mudah dan murah perawatan juga perbaikananya.
Salah satu bukti mobil yang memakai per daun dan nyaman bantingan suspensinya adalah Opel Blazer dan saya pernah mengendarainya.
Tentang Leaf Spring sendiri sebetulnya sekarang ini teknologinya juga berkembang terus. Bahkan kenyamanannya tidak kalah dengan Coil Spring meski tidak setara. Salah satu Leaf Spring tersebut adalah  jenis Parabolic/Long Tappered yang sudah banyak dipasang pada truk dan bus untuk mendapatkan kenyamanan yang lebih dan dapat menahan bobot yang besar pula.