language Translations "Mbah Google"

ArabicJapaneseChinese SimplifiedRussianEnglish
FrenchGermanSpainItalianDutch


Rabu, 27 Juni 2012

TEMPO.CO, New York - Satu inovasi baru segera diluncurkan Nissan Motor Co. Pabrikan mobil asal Jepang ini bakal memproduksi taksi minivan dengan fasilitas khusus untuk dioperasikan di kota New York Amerika Serikat.

Taksi NV200 Minivan itu dipamerkan pertama kali di ajang New York Auto Show, Rabu 4 April 2012. Kendaraan yang dijuluki Taxi of Tomorrow atau taksi masa depan ini bakal dipajang hingga 15 April mendatang. Pemerintah kota New York bakal mengoperasikan taksi gres ini paling lambat 2018, menggantikan 16 varian yang beroperasi saat ini.

Menurut CEO Nissan, Carlos Ghosn, digunakannya NV200 sebagai armada taksi resmi kota New York menunjukkan tingginya kepercayaan publik pada kendaraan yang mereka buat. "Produk ini memenuhi kebutuhan kota besar yang dalam hal keamanan, kenyamanan, efisiensi bahan bakar, emisi serta modernitas." kata dia seperti dikutip dari laman autonews.com.

Taksi ini sungguh spesial. Dilabur kelir warna kuning, minivan ini dilengkapi atap transparan, pintu geser, kursi antibakteri, aliran listrik serta airbag komplit di kompartemen depan dan belakang.

Interiornya cukup nyaman lantaran ada ruang kaki tambahan untuk penumpang sepanjang 25 sentimeter. Selain itumesinnya cukup efisien dan bisa dioperasikan sehari penuh di kota seluas 10 ribu kilometer persegi itu. "Baik di jalan mulus maupun yang berlubang," kata Ghosn.
http://www.carnewsportal.net/__cache/b68bf3840e82bb68ebc0b6ecf190aad7.jpg
Rencananya taksi NV200 dijual seharga US$ 29.700 atau sekitar Rp 271 juta. Menurut Walikota New York, Michael Bloomberg, Nissan memenangkan kontrak pengadaan 15.237 unit taksi selama 10 tahun, plus 2 ribu armada khusus orang cacat. Kontrak ini menambah pundi-pundi kas Nissan hingga US$ 1 miliar. "Untuk pertama kalinya New York memiliki taksi yang memanjakan penumpang dan pengemudi." ujarnya.

Sebelumnya 9 pabrikan otomotif memasok armada taksi bagi kota New York. Diantara produsen itu Ford Motor Co tampil paling dominan dengan sedan Ford Crown Victoria.

FERY FIRMANSYAH

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar