language Translations "Mbah Google"

ArabicJapaneseChinese SimplifiedRussianEnglish
FrenchGermanSpainItalianDutch


Rabu, 27 Juni 2012

First Drive Nissan Evalia SV & XV - Jelajah Keindahan Yogyakarta

Yogyakarta, BosMobil.com - Meski baru akan dikeluarkan secara resmi 7 Juni mendatang, namun Nissan Motor Indonesia rupanya memberikan kesempatan beberapa wartawan untuk merasakan lebih dulu sensasi dari MPV Nissan Evalia di kota Gudeg.


Melewati jejak Merapi mengambil jalur Cangkringan, rombongan testdrive Nissan Evalia berangkat dengan suguhan pemandangan Gunung Merapi serta sajian trek jalur yang menantang.

Tekstur jalan yang rusak., disertai diminimnya ruas jalan ternyata tak membuat Nissan Evalia yang memiliki dimensi panjang 4400mm, lebar 1695mm serta wheelbase 2725mm terhambat. Bahkan suspensi belakang yang menggunakan per daun masih terasa nyaman meski sedikit terasa efek 'bumpy' ketika duduk dikursi baris ke 3.

Lanjut perjalanan menuju Pantai Sundak di kawasan Gunung Kidul. Lagi-lagi jalur sedikit rusak, berliku disertai  beberapa tanjakan menjadi menu utama Nissan Evalia SV bertransmisi manual 5 percepatan yang kami bawa. Hal ini cukup cocok untuk menguji ketangguhan performa mesin HR15DE sekaligus handling dari Nissan Evalia.


Menelan medan berliku serta menanjak terasa tak menjadi sebuah beban berat bagi Evalia bertransmisi 5 percepatan manual. Cukup turunkan tuas transmisi ke posisi 2 ketika melintas tanjakan sedang, Evalia pun tetap menanjak dengan tenang meski dibebani 4 orang dewasa.


Sedangkan ketika menjajal varian matik 5 percepatan dengan tipe XV yang merupakan line up tertinggi lengkap dengan kelebihan beberapa fiturnya, tarikan bawah justru terasa sedikit lamban layaknya kendaraan matik pada umumnya. Begitu juga ketika bertemu tanjakan dan membawa beban penumpang yang sama maka transmisi harus turun, bahkan terkadang hingga ke posisi 1. Namun ketika melintas di trek datar, Nissan Evalia transmisi matik ini masih cukup mampu berlari enteng dan memiliki manuver handling yang terbilang cukup nyaman.


Mengenai tingkat kenyaman, Nissan Evalia memang datang sebagai kendaraan MPV 7 seater dengan konsekuensi harga yang terjangkau. Ruang kabin yang lapang menjadi salah satu keunggulannya. Ruas legroom dinilai cukup baik hingga baris ke tiga. Bahkan kelapangan ruang kabin telah didukung dengan model jok yang mampu disusun hingga memberikan ruang yang jauh lebih lapang ketika membawa banyak barang bawaan.


 
 
Setelah berkunjung ke Pantai Sundak, akhirnya perjalanan kami tutup dengan menikmati indahnya sunset di atas candi Ratu Boko yang berada di kawasan Yogyakarta.

Teks/foto: stanly

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar