language Translations "Mbah Google"

ArabicJapaneseChinese SimplifiedRussianEnglish
FrenchGermanSpainItalianDutch


Jumat, 01 Juni 2012

Nissan: Evalia Bukan Mobil Box

Pabrikan asal Jepang Nissan tidak ingin Evalia disebut sebagai mobil box. Nissan sudah menyiapkan mobil ini secara khusus agar bisa bersaing dengan MPV lainnya sebut saja Avanza-Xenia dan Ertiga.

Untuk bisa dipasarkan di pasar mobil MPV tanah air, Nissan sendiri butuh 2 tahun untuk mengembangkan mobil tersebut. Banyak perubahan yang telah dilakukan Nissan demi MPV Evalia tidak dipandang sebelah mata.

"Kita tidak ingin Evalia sebagai mobil box. Buat pasar Indonesia 2 tahun studinya dan banyak perubahan jika dibandingkan dengan Jepang sana. Kenapa, pertama kita enggak mau buat mobil kargo karena mobil ini buat penumpang, kedua gear rasio diubah, driving comfort lebih dimaksimalkan, ketiga karena Indonesia biar bagaimana punya kateristik sendiri, dari kontur jalan, dan akan lebih bagus kita setting lagi," kata Vice President PT Nissan Motor Indonesia Teddy Irawan di sela-sela media test drive MPV Evalia di Yogyakarta.

Menurutnya karena banyaknya perubahan itu, Nissan baru bisa merilis Evalia pada 2012 di Indonesia setelah Malaysia pada 2011, Singapura 2010, dan Jepang 2009.

Teddy menambahkan memang wujud MPV Evalia agak gambot, tapi ukuran yang besar tersebut akan memberikan penumpang leluasa bergerak ketimbang ketika berada di MPV pesaingnya.

Di sektor mesin lanjut Teddy, memang tidak perubahan. Meski tidak ada perubahan namun pada engine tuning tepatnya pada perangkat lunak ECU telah dimodifikasi agar akselerasi lebih baik. Sedangkan sektor suspensi sedikit disesuaikan mengikuti karakter jalan di Indonesia.

"Mesin ada settingan. Memang mekanikal seperti piston enggak ada tapi seperti engine tuning pasti, suspensi pasti untuk menyesuaikan kontur jalan," tutur Teddy.

Sementara itu, Chief Product Specialist Nissan Motor Corp, Toshinori Tamura mengatakan target konsumen Evalia adalah keluarga muda dengan usia 30-35 tahun yang mendambakan mobi keluarga.

"Target konsumen usia 30-35 tahun. Evalia punya sliding door, tidak seperti Avanza dan APV yang bukaan pintu sempit. Keunggulannya, kabin lebih lega, pintu terbuka lebar, dan konsumsi BBM 20 persen lebih baik dari kompetitor," tutup Tamura.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar