language Translations "Mbah Google"

ArabicJapaneseChinese SimplifiedRussianEnglish
FrenchGermanSpainItalianDutch


Kamis, 26 Juli 2012

Tawaran MenggodaToyota Limo ex taxi

  

 

 
Dalam empat sampai lima bulan terakhir, iklan yang menawarkan Toyota Limo eks-taksi Blue Bird mudah ditemukan di surat kabar atau situs jual-beli mobil bekas di internet. Beberapa pool  taksi juga memajang spanduk berikut mobil contohnya. 

Toyota Limo bekas taksi ini ditawarkan dengan meanrik. Mobil bisa dimiliki dengan membayar tunai atau kredit via leasing  yang ditunjuk oleh Blue Bird.

Harga sudah termasuk biaya pengecatan dan pengurusan surat-suratnya. Warna yang bisa dipilih adalah hitam, abu-abu, merah metalik, dan biru. Cat digaransi 1 tahun jika ngangkat  atau kusam.


Harga itu tentu sangat menggoda. Di pasar mobil bekas Jakarta, Toyota Limo 2004 yang tampilannya mirip Vios harganya Rp 25-42,5 juta lebih mahal. 

Biar tampangnya sangat mirip Vios dan memiliki perbedaan fitur yang mendasar, Limo tidak memiliki, rem ABS, rem belakang cakram, central door lock,  instrumen digital, power window,  dan head unit. 

Selain itu kualitas trimming  kabin Vios juga lebih bagus ketimbang Limo. Ini semua menyumbang terjadinya perbedaan harga yang cukup besar itu.


Kalau Anda tidak keberatan dengan ketidakhadiran fitur-fitur tersebut, monggo  lanjutkan membidik Limo eks-taksi. Namun Anda tetap perlu berhati-hati dan memeriksa secara detail kondisi mobil yang akan dibeli.

Maklum Limo eks-taksi ini sudah berusia 5 tahun dan memiliki ‘jam terbang’ sangat banyak karena beroperasi siang-malam setiap hari.


Perkiraan kami, Anda mesti menyediakan dana cadangan minimal Rp 10-15 juta untuk antisipasi perbaikan kendaraan jika setelah dibeli terdapat masalah. Soalnya selain cat, pihak penjual tidak memberikan garansi atau jaminan perbaikan.

Peluang sedotan dana paling besar datang dari sektor kaki-kaki karena bagian ini sering ‘disiksa’ oleh kondisi jalan yang rusak. Umumnya mesin 1NZ-FE di Limo tekenal tangguh dan minim masalah.

Detail rincian komponen yang perlu diganti :


Mesin bisa diandalkan 
Mesin 1NZ-FE yang dipakai Toyota Limo eks-taksi ini umumnya diklaim oleh penjualnya dirawat setara dengan aturan servis bengkel resmi. Walau begitu sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan detail terhadap dapur pacu mobil itu. Pembeli dapat membawa mekanik sendiri untuk mengecek kondisi mesin.

Anda bisa memulainya dengan mengecek suara mesin saat pertama kali dinyalakan dari kondisi dingin. Apakah suaranya halus atau kasar.

Cek juga kondisi mesin yang harus kering alias tidak ada rembesan oli di wilayah kepala silinder, bak penampung oli, filter oli dan slang power steering.  Komponen-komponen dari karet pun jangan sampai ada yang terlihat getas atau retak.


Kalau kondisi-kondisi di atas terpenuhi, Anda tak perlu keluar banyak uang di sini. Pembelanjaan hanya perlu dilakukan untuk mengganti oli mesin dan filter oli. Dan kalau mau lebih maksimal, bisa tambahkan filter udara OEM 

Perbaikan kaki-kaki 
Ketimbang mesin, kondisi kaki-kaki biasanya lebih memprihatinkan. Maklum, Toyota Limo eks-taksi saat aktif setiap hari menempuh jarak tempuh sangat jauh dengan kondisi jalan yang buruk.

Makanya dibanding bagian lain, sektor kaki-kaki menyedot biaya paling besar jika Anda ingin mengembalikannya ke kondisi paling prima.

Berikut perincian komponen yang diganti :
•    Arm suspensi kanan genuine  
•    Arm suspensi kiri genuine 
•    Ball joint (merk Jepang)   
•    Sokbreker depan genuine   
•    Sokbreker belakang genuine   
•    Brake pad depan  
•    Brake shoe belakang   
Menyegarkan interior
Anda harus terima kondisi interior Toyota Limo yang lebih sederhana dibanding saudaranya, Toyota Vios. Spidometer analog, tidak ada head unit,  serta minus power window. 

Dalam memeriksa interior, yang perlu dipastikan adalah semua instrumen (AC, tuas lampu sein) bekerja dengan baik. Selanjutnya, strategi untuk membuat kondisi kabin lebih segar dan nyaman adalah dengan meng-upgrade  jok dan panel pintu.

Anda bisa memperbaiki jok dan panel pintu dengan bahan semi-kulit atau fabric.  Sebaiknya Anda juga sekalian memperbaiki atau ‘menambah’ busa jok biar lebih empuk.
Bisa kredit 
Ada beberapa cara untuk melakukan pembayaran Limo eks-taksi. Kalau punya uang cash,  tinggal transfer saja ke rekening milik Blue Bird. Begitu uang sudah diterima, anda bisa bawa pulang Toyota Limo eks-taksi itu.

Bisa juga dengan kredit melalui lembaga leasing rekanan Blue Bird, seperti Insentif, Tirta Laras, dan BPR. Namun Anda boleh juga membawa sendiri dari luar.

Down payment  (DP) yang ditawarkan umumnya bervariasi dari 20%, 25%, sampai 30%. Itu setara dengan Rp 23 juta sampai 30 juta. Tenor atau masa cicilannya antara 1 sampai 4 tahun.

Syaratnya siapkan kartu keluarga, slip gaji 1 bulan, bukti setoran PBB, rekening listrik, dan KTP. Proses persetujuannya sekitar 3 hari kalau pakai leasing  Blue Bird.


Alternatif lain setara eks Taxi Blue Bird 
 Mobil    Tahun   
1.    BMW 318i E36 M43 M/T     1998     
2.    BMW 318i E36 M43 A/T     1998     
3.    Chevrolet Aveo M/T     2004     
4.    Chevrolet Aveo A/T     2003     
5.    Chevrolet Optra A/T     2003     
6.    Daihatsu Taruna CSR EFI     2000     
7.    Daihatsu Xenia 1.0 Mi     2004     
8.    Honda Accord Cielo M/T     1997     
9.    Honda City 1.5 EXi M/T     1998     
10.    Honda Civic Ferio     1997     
11.    Hyundai Atoz GLS 1.0 M/T     2005     
12.    Hyundai Getz M/T     2003     
13.    Hyundai Accent Verna M/T     2005     
14.    Isuzu Panther 2.5 Hi-Sporty     1999     
15.    KIA Carens 1.8 A/T 7-seater     2002     
16.    Mercedes-Benz C 180 Classic M/T     1995     
17.    Mercedes-Benz E 320 M/T     1993    
18.    Mercedes-Benz E 220 Masterpiece M/T     1995 
19.    Mitsubishi Lancer New Evo SEi M/T     1998     
20.    Mitsubishi Galant V6 M/T     2000     
21.    Nissan Serena standar     1999     
22.    Nissan Terrano A/J Limited     1997     
23.    Suzuki Baleno 1.5 M/T     2001    
24.    Suzuki Sidekick     2000    
25.    Toyota Camry 2.2 M/T     2001    
26.    Toyota Corolla 1.8 XLi     2000    
27.   Toyota Kijang Kapsul 1.8 SX     2000     
28.    Toyota Soluna 1.5 GLI M/T facelift     2002     
29.    Volvo S90 Executive 3.0     1997
  

Penulis : Dwi Wahyu R

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar