language Translations "Mbah Google"

ArabicJapaneseChinese SimplifiedRussianEnglish
FrenchGermanSpainItalianDutch


Kamis, 05 Juli 2012

Nissan Evalia Berawal dari Konsep Niaga

KompasOtomotif

Tampilan depan mirip saudaranya Nissan Serena

Jakarta, KompasOtomotif - Nissan Evalia yang hadir meramaikan pasar otomotif Indonesia di segmen low MPV bisa disebut kendaraan multi fungsi. Sangat cocok buat kegiatan komersil, juga bisa disebut sebagai mobil keluarga modern. Karena, selain mampu memuat penumpang dan barang yang banyak, minivan ini memiliki berbagai fitur terdepan.

NV200-taksiItulah Kenapa Nissan Motor Corp. (NMC) menamakan NV yang kependekan dari New generation Vehicle ditambah dengan angka 200. Ia dirancang untuk merevolusi konsep tradisional kendaraan komersil di Jepang. Tapi, karena fungsinya juga bisa membawa keluarga maka di belakang NV200 ditambah Vanette (keluarga).
Raih penghargaan
Pertama kali prototipe NV200 dipajang di ajang Tokyo Motor Show pada 2007 sebagai kendaraan niaga tanpa jendela (blind van). Berselang 2 tahun kemudian, tepatnya 21 Mei 2009, Nissan resmi meluncurkannya untuk pasar domestik Jepang, plus versi Vanette.

Eropa menyusul pada musim gugur di tahun yang sama. Di luar dugaan, kehadiran NV200 mampu menarik perhatian majalah Inggris, Professional Van and Light Truck. Mereka lantas menganugerahkan penghargaan "Van of The Year 2010".

Berbekal penghargaan itu, Nissan coba melebarkan basis produksi NV200. Negara yang dibidik China dengan menggandeng mitra lokal Dongfeng Motor Corp yang diluncurkan pada 2010 dengan nama Evalia, menyusul kemudian di Singapura dengan nama dan di tahun yang sama. Setahun kemudian giliran Malaysia dan Indonesia (7 Juni 2012). Sedang negara yang merakit Evalia, selain Jepang juga dilakukan di Amerika,China, Indonesia, dan India.

Kini, NMC sedang mengembangkan NV200 versi listrik. Teknologi Nissan Leaf berupa motor listrik sebagai tenagaNV200-cargo penggerak dan baterai lithium-ion penyuplai daya diadopsi pada MPV ini. Untuk memudahkan pengisian baterai, sudah disediakan lubang aliran listrik di bagian depan mobil.

Menariknya, di Amerika, NV200 dijadikan transportasi massal sebagai taksi eksklusif (taxi limousine commision=TLC) di Kota New York yang mulai beroperasi, paling cepat akhir 2013.

Sesuai kebutuhan, maka desain interiornya dibikin muat untuk empat orang dengan ruang bagasi yang luas. Pada kedua pintu samping dikasih tangga, untuk memudahkan penumpang masuk. Penumpang juga disediakan akses USB, bahkan bisa mengontrol sandaran kepala dan penyejuk udara (AC).
Nissan NV200

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar