language Translations "Mbah Google"

ArabicJapaneseChinese SimplifiedRussianEnglish
FrenchGermanSpainItalianDutch


Selasa, 24 Juli 2012

6 Kompasianer Jajal Nissan Evalia ke Tangkuban Perahu

 

Penulis: Roderick Adrian Mozes | Sabtu, 21 Juli 2012 | 14:16 WIB
 
  • Sumber : Kompas Images | Author : Roderick Adrian Mozes
    6 Kompasianer yang berkesempatan mencoba 2unit Nissan Evalia
  • Sumber : Kompas Images | Author : Roderick Adrian Mozes
    Kompasianer yang memperoleh kesempatan mencoba Evalian dengan Pepih Nugraha, Redaktur Pelaksana, Kompas.com (paling kanan)

Jakarta, KompasOtomotif - Enam Kompasianer, Sabtu (21/7/2012) ini, mendapatkan kesempatan menjajal MPV terbaru Nissan, yaitu Evalia, dari kantor Redaksi Kompas.com, Jalan Palmerah Selatan, ke Bandung.

Hal ini terlaksana berkat kolaboroasi KompasOtomotif dengan PT Nissan Motor Indonesia. Tujuannya, keenam Kompasianer bisa memperoleh pengalaman langsung merasakan Nissan Evalia yang akan dituangkan dalam tulisan mereka.

Dua unit Nissan Evalia yang digunakan terdiri dari tipe XV dengan transmisi otomatik dan SV manual. Dengan kegiatan ini, Communication Manager Nissan Motor Indonesia, Aditya Zainuddin, berharap bisa mendapatkan informasi tentang Nissan Evalia.

"Evalia adalah kendaraan keluarga. Saya berharap dengan kegiatan ini publik bisa tahu kesan yang diperoleh masyarakat setelah mengemudikan Evalia, khusus tentang fitur, interior, dan performanya. Juga akan dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi bagi Nissan Motor Indonesia untuk melakukan perbaikan atau pengembangan nantinya,”  jelas Aditya.

Peserta akan menuju Bandung dengan rute Jakarta - Kilometer 54 - Tangkuban Perahu, Bandung. Rute ini sekaligus menjadi arena untuk mengetahui kenyamanan dan keamanan Evalia.

"Dari Jakarta menuju Kilometer 54 itu kita akan menguji akselerasi.Nanti menuju ke Tangkuban Perahu kita akan menguji kenyamanan, keamanan, suspensi, dan rem. Tangkuban Perahu adalah ujian karena banyaknya jalan yang berkelok," kata Aris F Harvenda, redaksi KompasOtomotif, pelaksana kegiatan ini.

Peserta dibagi dua tim. Nantinya, setiap peserta bergantian mengemudikan Evalia. Pengalaman tersebut akan dituangkan dalam tulisan di Kompasiana.
Editor : Zulkifli BJ 
 

Evalia SV, Stabil Dipacu Diatas 100 km/jam (Part 1)

REP | 23 July 2012 | 11:00 Dibaca: 240   Komentar: 7   Nihil

Evalia SV (dok.@gurubimbel)
Evalia Biru Hijau Metalik 1.5 SV di depan kantor Kompas Gramedia (dok.pribadi)
Pada tanggal 21-22 Juli 2012, enam orang blogger Kompasiana mendapatkan kesempatan langka untuk menguji ketangguhan, kenyamanan dan keamanan mobil baru yang di pasarkan di tanah air oleh Nissan Motor Indonesia. Mobil yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai “Van of the year 2010″ di Inggris, di Indonesia di perkenalkan dengan nama Evalia. Evalia hadir menantang MPV (Multipurpose Vehicle) lainnya yang sudah merajai pasar mobil keluarga di Indonesia. Evalia hadir dengan konsep yang berbeda dari MPV lainnya. Para blogger dapat merasakan kemewahan Evalia selama perjalanan dari Jakarta-Bandung-Jakarta selama dua hari.
13430143951960165077
Enam kompasianer yang beruntung sedang berada di lobby kompas.com. Kang Pepih, Mas Adit dan beberapa Admin Kompasiana (dok.pribadi)
Dimulai dengan technical meeting, para blogger mendapatkan pembekalan dari para panitia. Selain itu kang Pepih dan mas Adit, manager communication Nissan Motor Indonesia, ikut melepas para blogger di halaman kantor Kompas Gramedia, Palmerah.
Keenam blogger tersebut adalah Harris Maulana, Hazmi Srondol, Thomson yang tergabung dalam team “Eva” sedangkan Eko, Arip dan saya sendiri tergabung dalam team “Lia”. Sehingga jika kedua team di gabungkan menjadi team “Evalia” sama halnya dengan nama produk yang akan diuji oleh para blogger yaitu Nissan Evalia.
Bagasi Lega, Kursi Bisa Dilipat Hingga 6 Model (dok.@gurubimbel)
Kursi dapat di lipat sampai dengan enam model hingga motor bebek pun bisa diangkut (dok.pribadi)
Secara lebih jauh mas Hazmi Srondol mengungkapkan dalam tulisannya bahwa nama Evalia ini diperkirakan akan mendulang sukses. Evalia sangat lekat dengan nama perempuan. Melihat kesuksesan Livina, diharapkan Evalia bisa melebihi kesuksesan Livina karena Evalia hadir untuk keluarga muda Indonesia dengan harga yang cukup kompetitif jika dibandingkan dengan MPV lainnya. Evalia menawarkan fitur-fitur canggih yang tidak akan didapatkan dari MPV lainnya. Misalnya seperti fitur MID (Multi Information Display).
Kursi Penumpang di Baris Ketiga (dok.@gurubimbel)
Berbeda dengan MPV lain, kaki penumpang pada baris ketiga tidak perlu berhimpitan dengan kursi di depannya. (dok.pribadi)
MID adalah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Evalia. MID adalah petunjuk bagi pengemudi mulai dari RPM, trip meter, indikator penggantian oli mesin, indikator bahan bakar, hingga indikator penggantian gigi. Dengan adanya MID pengemudi bisa membatasi kecepatan sesuai dengan settingan. Jika mobil melewati kecepatan yang telah ditentukan akan ada bunyi tanda peringatan. Begitu juga dengan peringatan lamanya mengemudi. Dalam MID kita bisa mengetting berapa lama kita akan mengemudi. Menurut penuturan mas Aris bahwa batas aman mengemudi adalah tiga jam. Setelah itu pengemudi harus beristirahat untuk kemudian melanjutkan perjalanan kembali.
Berangkat dari Jakarta, team “Lia” medapatkan kesempatan menggunakan Evalia 1.5 SV warna biru hijau metalik dengan transmisi manual. Seperti dalam tulisan saya sebelumnya, transmisi manual memang cocok jika di bawa ke luar kota. Maka kehandalan Evalia transmisi manual sudah tidak perlu diragukan lagi. Mas Eko sebagai pengemudi pertama mendapat kesempatan mengemudi dari Palmerah hingga rest area km.57. Perjalanan cukup lancar karena hari pertama puasa, jadi kondisi jalan tol memang sangat memungkinkan untuk memacu kendaraan diatas 100 km/jam.
Tipe SV (dok.@gurubimbel)
Mobil yang diuji dari Palmerah ke Bandung Evalia 1.5 SV (dok.pribadi)
Kesan pertama mengendarai Evalia, kabinnya sangat lega. Fitur futuristik kentara setelah melihat panel indikator di balik kemudi. Dashboard sangat nyaman hingga pandangan pengemudi sangat luas. Ada dua laci kompartemen di depan yang dapat digunakan untuk menyimpan barang. Kotak P3K tersembunyi di laci kedua. Dengan menekan button pengunci maka kotak P3K akan terlihat.
AC Single Blower Terasa Dingin Hingga Baris Belakang (dok.@gurubimbel)
Evalia 1.5 SV dengan single blower sanggup memberikan udara sejuk hingga baris ketiga (dok.pribadi)
Di sisi kanan dan sisi kiri dashboard terdapat cup holder yang sangat manis. Baik penumpang dan pengemudi dapat menyimpan botol minuman dengan nyaman. Selain itu ada rak di sisi kiri dan sisi kanan yang menyatu dengan daun pintu. Rak dapat digunakan untuk meyimpan berbagai macan buku favorit seperti novel, majalah atau koran.
Evalia XV meluncur di Jalan Tol (dok.@gurubimbel)
Pantauan dari Evalia SV (manual), Evalia XV (matic) melibas dan melahap tol Cikampek (dok.pribadi)
Jangan lupa bahwa kemudi sudah pasti dilengkapi power steering dan tilt shift, sehingga posisi kemudi bisa disetting sesuai dengan keinginan pengemudi. Bisa disetting tinggi untuk pengemudi berpostur tinggi dan cukup nyaman bagi pengemudi berpostur imut seperti saya dengan tinggi hanya 160 cm jika disetting lebih rendah. Bahkan dengan tubuh besar sekalipun posisi kemudi tetap nyaman.
Secara keseluruhan perjalanan antara Palmerah hingga rest area km.57 sudah cukup memberikan kesan tersendiri dengan kabin yang super lega sehingga sangat nyaman untuk anak-anak yang aktif bahkan hiperaktif sekalipun. Ketinggian plafon yang cukup tinggi sangat cocok untuk anak-anak agar bisa bebas bergerak dan merasa nyaman meski dalam perjalanan jauh sekalipun.
Salam
@gurubimbel
Sempat Berfoto dengan Coach RD di km.57 (dok.@gurubimbel)
Evalia sempat berfoto dengan coach RD di rest area km.57 (dok.pribadi)
Tulisan sebelumnya:
Gelegar Tawa Saat Briefing Test Drive Evalia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar