language Translations "Mbah Google"

ArabicJapaneseChinese SimplifiedRussianEnglish
FrenchGermanSpainItalianDutch


Kamis, 05 Juli 2012

Kenyamanan Maksimal Dibalik Nissan Evalia SV

Jakarta, KompasOtomotif - Multi Purpose Vehicle (MPV) baru PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang menyeruak di antara barisan low MPV di Indonesia diyakini mampu menyedot perhatian. Bahkan sangat mungkin "Serena wanna be" yang diluncurkan awal Juni lalu dengan dua tipe, yakni SV dan XV bisa menggoyangkan penguasa segmen MPV. 
Karena, sebagai pendatang baru Evalia memiliki keunggulan yang tak dipunyai kompetitornya. Termasuk tipe termurahnya SV yang dijual dengan harga Rp162 juta untuk transmisi manual  dan Rp 172 juta untuk transmisi otomatis.
Di luar dugaan, dalam satu bulan saja (sejak diperkenalkan 7 Juni lalu), pesanan sudah mencapai 3.400 unit. Penasaran, apa kelebihan yang ada pada tipe SV?

Dengan tinggi kurang dari 1,9 meter sangat mudah memasuki area parkir


MID banyak informasi
Pada tipe SV, Evalia memang tampil lebih humble. Beberapa aksesoris yang ter-install di tipe XV (varian tertinggi) tidak dijumpai di SV seperti di antaranya lampu kabut, sensor parkir, kamera di belakang dan roof monitor. Kendati begitu, pada meter clusternya juga terdapat MID (multi information display) yang memberi banyak informasi, mulai dari putaran mesin, penggantian oli, sampai tekanan angin ban.

evalia kabinBahkan jika ingin melakukan efisiensi bahan bakar dalam perjalanan, bisa disetel"eco drive" pada MID, terutama untuk transmisi manual. Seperti batas tertinggi putaran mesin dan kecepatan maksimum. Nah, jika kita melewati batas tersebut dari layar MID akan kedap-kedip untuk dinaikkan atau diturunkan gigi persneling.

Meski fitur-fitur di SV tidak selengkap XV, dibalik kesederhanaannya tersimpan esensi kenyamanan. Secara basic Nissan Evalia sudah asyik diajak jalan-jalan bersama keluarga. Kabinnya sangat lega, dengan leg room luas di setiap baris. Head room apalagi, dengan tinggi 1,85 meter, Evalia memungkinkan anak kecil bediri bebas di dalam kabin. Tanpa blower AC di barisan belakang, hembusan udara sejuk dari depan juga sudah bisa dirasakan.

Sebagai mobil keluarga, Evalia punya kompartemen penyimpanan barang cukup banyak, terutama di bagian dasbor yang juga sudah terpasang laci penyimpanan dengan dua tingkat. Penumpang juga akan dengan mudah menemui delapan cup holder yang tersebar di semua baris.

Konfigurasi tempat duduk bisa diatur enam posisi untuk memberi ruang terhadap barang bawaan. Tempat duduk baris ketiga bisa dilipat dan digantung (tie up). Sedangkan baris kedua juga bisa ”disederhanakan” dengan melipatnya ke depan. Jika diisi barang, Evalia mampu mengangkut barang dengan total berat 580 kg.

Bobot barang dan orang yang sangat berat tidak masalah untuk Evalia, karena suspensi belakang menggunakan per daun, atau NMI menyebutnya Smart Comfort Suspension System yang mampu menahan beban lebih stabil ketimbang per keong. Bahkan radius putar yang 5,2 meter memudahkan manuver di segala kondisi medan.

Dengan mesin bandel 1.500 cc HR15 DE, harga sangat kompetitif, dan kenyamanan maksimal, Nissan Evalia SV bukan cuma layak dijadikan kendaraan keluarga sehari-hari, tetapi juga layak dijadikan ”kendaraan” menuju hidup lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar