language Translations "Mbah Google"

ArabicJapaneseChinese SimplifiedRussianEnglish
FrenchGermanSpainItalianDutch


Selasa, 24 Juli 2012

Murah, Kualitas Hiburan di Kabin pun Lebih Baik

Head unit model layar sentuh tinggal dipasang tanpa harus membobok dasbor. Insert: Head unit standar

Jakarta, KompasOtomotif - Audio pada Nissan Evalia varian S dan SV sudah tergolong cukup dari kualitas suara untuk segmen low MPV. Terlebih varian tertetingginya XV dilengkapi monitor yang terpasang di plafon antara jok penumpang depan dan pengemudi, sehingga penumpang baris kedua dan ketiga bisa menyaksikan film. Nah, bagi pemilik yang ingin meng-up-grade audio, Andrie Wijaya, installer Bassindo di Kelapa Gading, Jakarta Utara, inilah sarannya.

Ganti Head Unit
Khusus untuk varian S dan SV, head unit (HU) standar bisa diganti dengan 2DIN model monitor layar sentuh yang juga bisa dipakai untuk nonton film. Pasangnya mudah dan banyak pilihan. Posisi HU, menurut Andrie, terbilang baik karena sesuai dengan ketinggian mata (eye level). Jadi, siapa saja yang menontonnya terutama penumpang depan tidak cepat lelah.

Usahakan mencari fitur yang lengkap pada monitor seperti sambungan USB, iPOD dan Bluetooth. Karena, menurutnya fitur tersebut bukan lagi hal yang istimewa. Kisaran harga untuk monitor lengkap mulai Rp 2 - 3 juta sudah termasuk oongkos pasang. Ada pula yang menyediakan fitur sistem navigasi (GPS) di dalamnya. Tentunya lebih mahal sekitar Rp 1 jutaan.

Monitor Atap
Jika ingin memasang monitor di atap seperti di XV untuk konsumsi penumpang belakang, cari yang sudah dilengkapi perangkat DVD player. Karena HU yang tersedia belum bisa dipakai untuk mengaktifkan DVD. Dana yang dibutuhkan sekitar Rp 4 jutaan. Jika Anda sudah mengganti HU yang bisa memutar DVD maka bisa memilih model monitor saja.

Untuk pemasangan, setiap installer punya cara khusus yang dijamin tidak merusak atap mobil Anda. Biasanya menghabiskan waktu sekitar 4 jam. "Proses harus dilakukan dengan teliti agar tidak merusak plafon. Selain itu kita juga harus menyetel sambungan ke head unit untuk urusan suara," tutur Andrie.                                  sub-woofer

Kualitas Suara
Bagi yang masih ingin memiliki kualitas suara lebih bagus lagi bisa memasang tambahan speaker. Antara lain model split dan coaxial masing - masing sepasang. Keduanya cukup memakai ukuran diameter 6 inci. Ditambah dengan subwoofer tunggal suara sudah bisa lebih berkualitas.

"Kalau bisa cari subwoofer yang dimensinya tidak terlalu besar dan bisa diselipkan di bawah kursi pengemudi atau penumpang depan, agar tidak mengurangi jatah ruang bagasi atau penumpang," papar Andrie.

Ruang kabin Evalia, menurut Andrie, tidak dibutuhkan power amplifier untuk dikawinkan dengan settingan tadi. "Apa yang ada di HU sudah cukup untuk sekedar menaikkan kualitas suara. Tapi kalau yang ingin lebih keras lagi memang harus dibutuhkan amplifier tambahan, sebut Andrie.

Usahakan cari yang praktis dan berdimensi tidak terlalu besar. Jadi bisa disembunyikan seperti subwoofer," urainya. Untuk paket tersebut - tanpa power amplifier - ditambah dengan kabel serta setting siapkan dana sekitar Rp 4 jutaan.
aksesori audio

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar