language Translations "Mbah Google"

ArabicJapaneseChinese SimplifiedRussianEnglish
FrenchGermanSpainItalianDutch


Selasa, 24 Juli 2012

Evalia Dilengkapi MID Serbabisa Bak Mobil Papan Atas

Layar MID dengan berbagai informasi terletak di sebelah kanan speedometer

Jakarta, KompasOtomotif – Sebagai lead coming di strata mobil low MPV, Nissan Evalia sudah punya nilai di atas rata-rata. Di kelasnya, mobil yang kerap disebut ”Serena Wanna Be” ini bisa dibilang punya bekal paling banyak dibandingkan kompetitor. Tak hanya ruang yang lega untuk kendaraan keluarga, Evalia juga membawa banyak fitur baru dan fungsional demi menambah kenyamanan.

Salah satu yang paling menyolok adalah Multi Information Display (MID), letaknya di samping speedometer. MID memang biasa terdapat pada sebuah mobil, namun menjadi tak biasa karena ter-install di kelas low MPV. Apalagi, MID Evalia mampu memberikan informasi untuk mengingatkan pemilik tentang segala hal. Mulai alarm peringatan batas kecepatan, lama mobil dalam kondisi idle, hingga timer mengemudi untuk menjaga stamina pengemudi.

Pengingat Istirahat
Tak hanya itu, MID Evalia juga bisa di-setting untuk mengingatkan pengemudi soal perawatan dan kondisi mobil. Jadwal ganti oli, filter oli, sampai tekanan ban. Semuanya terintegrasi menjadi satu layar kecil, dan sangat mudah dioperasikan.

Agar fungsi MID optimal, kita harus melakukan setting detail di awal terlebih dahulu. Ada dua tombol di speedometer. Tombol kanan untuk tripmeter dan tombol kiri milik MID. Tekan tombol kiri untuk memasuki menu di Nissan evaliaMID dan memasukkan data awal.

Ada dua menu utama yang akan muncul setelah tombol ditekan, ”setting” dan ”detail”. Pilih ”detail” dengan memutar tombol ke kanan. Di MID akan muncul tiga sub-menu: alert, maintenance, dan clock. Putar kanan-kiri tombol untuk memasuki sub-menu.

Dalam sub-menu ”alert” terdapat tiga bagian. ”Timer” dipakai untuk membatasi lama mengemudi. Dalam teori safety driving, idealnya mengemudi tidak lebih dari dua jam. Dan ketika kita memasukkan angka 2 jam, maka setelah mengemudi selama 2 jam MID akan menyala merah sebagai peringatan bahwa kita harus istirahat.

Ada juga setting ”speed” untuk mengingatkan batas kecepatan. Misalnya kita masukkan batas kecepatan 100 km/ jam, maka MID akan menyala merah ketika kecepatan sudah melebihi 100 km/ jam. Yang terakhir dalam sub-menu ”alert” adalah ”idling”. Kita bisa mengetahui bahwa mesin menyala tanpa jalan selama beberapa menit—sesuai settingan kita—untuk tujuan menghemat bahan bakar.

Kontrol mesin
Jika kita pilih sub-menu ”maintenance”, akan ada tiga bagian juga yang muncul: engine oil, oil filter, dan tire. Lakukan langkah seperti di atas dengan memutar tombol ke kanan-kiri untuk memasukkan batasan angka. Peringatan akan muncul ketika oli mesin, filter oli, dan tekanan ban harus dikontrol.

Bonus lain fitur MID Nissan Evalia adalah munculnya gambar yang terdeteksi kamera di bagian belakang mobil (terdapat pada varian tipe XV). Gambar dari kamera—lengkap dengan garis-garis penghitung jarak—tersebut membantu pengemudi mengetahui jarak aman saat menggunakan gigi mundur.

Dengan range harga antara Rp 162-185 juta, Nissan Evalia memberikan banyak kelebihan yang tak bisa ditemui di para pesaingnya.

©2012 Copyright Ko

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar