Suzuki Ertiga termewah
Ertiga tunjukkan sinarnya
Suzuki Ertiga GX |
Mesin: 1.373 cc 4 silinder, 95 dk Torsi maksimum: 130 Nm/4.000 rpm 0-100 km/jam: NA Top speed: NA Konsumsi BBM kombinasi: 13,6 km/l P x L x T: 4.265x1.695x1.685 mm Wheelbase: 2.740 mm |
Harga: Rp 165 juta |
Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Suzuki Ertiga, kami mengetesnya pada lalu lintas dalam kota dan pedesaan di Bali.
Mobil keluarga Suzuki ini tersedia dalam 3 varian: GA, GL dan GX sebagai yang termewah. Seluruh varian hanya dilengkapi dengan transmisi manual 5-speed. Tak buang waktu, kami langsung mengetes varian termewahnya yang dijual Rp 165 juta (on the road harga Jabodetabek) pada beberapa kondisi.
Di edisi lalu, kami telah mengulas tentang penampilan, baik eksterior maupun interior, hingga kelengkapan fiturnya. Nah, kini giliran kami membeberkan seperti apa karakter mobil keluarga ini di jalan.
Dasbor tampak berkelas dan modern namun tetap mengusung aroma sporty |
|
Duduk di jok pengemudi, terasa mudah untuk mendapatkan posisi duduk yang ideal. Ertiga dilengkapi pengatur ketinggian jok dan tilt steering yang bisa bergerak naik-turun sejauh 40 mm. Pandangan pengemudi cukup lapang baik ke depan, belakang dan samping. Meski pilar A tebal, hal tersebut terkompensasi dengan kaca mungil di pilar A untuk meminimalisasi blind spot.
Setir 3-spoke dengan tombol pengatur audio cukup mantap digenggam. Menggunakan power steering elektrik, memudahkan saat kami bermanuver parkir atau balik arah. Ditunjang radius putar 5,2 meter, ia terasa lincah untuk berputar arah.
Dengan suspensinya yang cukup empuk, melaju melewati jalan bergelombang, gundukan atau lubang jalan, bodinya tetap tenang. Menambah kecepatan lagi, MPV Suzuki ini tetap stabil. Hal yang wajar, jika dengan suspensi empuk, muncul gejala limbung ketika menikung.
Duduk di bangku ke-2 maupun ke-3 juga nyaman. Terlebih bangku deret ke-2 bisa digeser maju-mundur sejauh 240 mm. Sehingga leg room baris ke-3 jadi fleksibel. Suzuki juga membuat lantai baris ke-3 rendah berkat tangki BBM diposisikan di bawah jok baris ke-2. Kaki penumpang paling belakang pun tidak cepat lelah.
Posisi duduk ideal mudah didapat di depan. Leg room di bangku baris ke-2 dan 3, dibuat fleksibel |
Pengendalian Ertiga yang menggunakan platform Swift terbaru ini cukup hebat. Dengan kemudi yang responsif, ia terasa lincah ketika bermanuver.
Faktor lain yang perlu mendapat acungan jempol adalah heningnya kabin. Menurut petinggi Suzuki, peredaman bising kabin ini menjadi salah satu perhatian utama perancang Ertiga dalam mengejar unsur kenyamanan.
Bertenaga 95 dk di 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm di 4.000 rpm dari mesin 1.373 cc 4 silinder VVT, lebih dari memadai untuk rute dalam kota maupun perjalanan jauh. Menggunakan transmisi manual 5-speed, respons cukup baik sejak putaran mesin rendah. Memudahkan untuk menyalip. Termasuk ketika kami memasukkan 7 penumpang tanpa barang. Hal ini yang menjadi salah satu pendukung kelincahannya di jalan.
Soal konsumsi BBM, Ertiga ini tergolong hemat. Data dari MID pada panel instrumen Ertiga menunjukkan 13,6 km/liter untuk rute kombinasi.
Melipat rata bangku belakang cukup praktis dengan volume bagasi hingga 735 liter
Tapi kami masih penasaran, bagaimana Ertiga ketika berhadapan dengan para rivalnya. Nantikan uraian lengkapnya di edisi depan.
Rival | |
Toyota Avanza G 1.5 MT Mesin: 1.498 cc 4 silinder, 109 dk 0-100 km/jam: 11,7 detik Konsumsi bbm: 15,26/9,14 km/l Harga: Rp 167,4 juta |
|
+ | Image Toyota, varian banyak, pilihan mesin dan transmisi . |
- | Posisi mengemudi, harga, fitur. |
Menggunakan unit 1.373 cc VVT, akselerasi Ertiga terasa responsif tapi hemat BBM dengan pengendalian mantap
FIRST OPINION Suzuki Ertiga bermesin 1.373 cc dan bertransmisi manual ini jelas punya kemampuan hebat untuk pemakaian sehari-hari. Selain respons mesin terasa kuat sejak putaran bawah, ia juga hemat BBM. Ia mampu memberi kombinasi tepat untuk mobil keluarga yang nyaman. Bukan tak mungkin ia akan bersinar di kelasnya. SEKILAS PANDANG Tersedia 8 pilihan warna dengan pearl white terbanyak dipesan Dilengkapi rem ABS+EBD, dual airbag, immobilizer |
Tampilan belakang dan samping memang menjadi salah satu daya tarik Ertiga
235/22-23(25April-8Mei2012)
Penulis : Ary Damarjati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar