Spy Shot MPV Suzuki
Berburu Suzuki Ertiga bersama Cherrybelle
Sebuah stasiun radio sedang memutar Beautiful-nya Cherrybelle ketika mobil berkelir silver dengan pelat putih itu menyalip. Walau logo dan emblemnya ditutup lakban hitam, kami langsung mengenali sosoknya. Inilah Suzuki Ertiga.
Mat kodak kami yang sudah terlelap sejak masuk mobil pun dibangunkan. Sambil menunggu zoom lens terpasang di bodi Canon 5D, mata tak lepas dari People Carrier yang baru memulai debutnya di Delhi Auto Show 2012, Januari lalu.
Produk andalan Suzuki ini terlihat kompak. Padahal kalau melihat spesifikasinya dimensinya lebih besar ketimbang duet Toyota Avanza-Daihatsu Xenia. Ertiga lebih panjang 125 mm dan lebih lebar 25 mm dari kedua mobil itu. Cuma kalah jangkung 10 mm dari kedua mobil itu.
Well, shutter kamera sudah ditekan. Fotografer kemudian meminta mobil digeser ke sisi paling kanan karena ia ingin mengambil gambar yang memperlihatkan dimensi kendaraan. Dari sudut ini terlihat bahwa engineer Suzuki menginginkan Ertiga yang aerodinamis dan memiliki airflow baik.
FASE KRITIS
Lensa zoom kemudian diganti wide lens karena target selanjutnya meng-ambil sisi samping dan depan. Artinya fase kritis akan hadir. Fotografer akan mengambil gambar lebih dekat dan konsekuensinya kami ketahuan dan buruan kami akan kabur.
Strategi disusun. Begitu bertemu ruas jalan lebar dengan lalu lintas sepi, pemotretan dilakukan. Momen itu ternyata datang dengan cepat. Pe-dal gas pun ditekan lebih dalam agar mobil posisi-nya sejajar dengan Ertiga.
Karena tidak memakai kaca film, terlihat dengan jelas jok baris kedua dan ketiga dari Ertiga. Namun, perhatian lebih tertuju pada dimensi kaca dan pintu samping dan kaca belakang Ertiga yang lebih panjang ketimbang Avanza-Xenia.
Buritan yang stylish dengan kaca belakang besar |
Sepintas nengingatkan pada gacoan Suzuki lainnya, Splash |
Setelah mengingat spesifikasi Ertiga, kami menemukan jawabannya. Pintu dan kaca yang panjang ini karena wheelbase ysng mencapai 2.740 mm. Artinya jarak sumbu rodanya 85 mm lebih mulur ketimbang Avanza-Xenia.
Angka ini juga bisa menjadi indikasi Ertiga bakal memiliki legroom kabin belakang yang luas.
Pengaturan ruang kaki pun akan makin fleksibel karena menurut brosur yang kami dapat dari sebuah dealer resmi Suzuki, Ertiga dibekali fitur sliding seat pada baris kedua.
Wheelbase cukup panjang ini diperkirakan akan bisa memberikan stabilitas mumpuni bagi Ertiga yang berbagi platform dengan Suzuki Swift.
PERPISAHAN
Akhirnya kami ketahunan. Sang pengemudi Ertiga mencoba lari dari kami. Untung kami tak kalah siigap menekan pedal gas. Fotografer kami pun tak putus menekan shutter.
Akhirnya untuk pertama kalinya kami bisa melihat langsung wajah Ertiga di jalan ibu kota. Mobil ini punya wajah yang tampan. Desainer Suzuki sukses menggabungkan elemen sporty, dinamis tanpa mengorbankan aspek eleegan pada Ertiga.
Kalau dilihat tampang Ertiga sepintas mengingatkan pada jagoan Suzuki lainnya, Splash. People Carrier ini dibekali headlamp lebar dengan diamond cut kecil untuk memberikan efek pencahayaan lebih baik. Di sudut kanan-kiri bumper terdapat foglamp berbentuk bundar.
Tiba-tiba pengemudi Ertiga mengurangi kecepatan dan pindah tepat di belakang kami. Ia tetap bertahan di sana hingga bertemu sebuah perempatan yang traffic light-nya baru berganti dari kuning menjadi merah. Ertiga pindah ke jalur yang untuk belok kanan sedang kami di jalur lurus.
Untungnya fotograafer meengatakan sudah mendapat foto-foto yang dibutuhkan.
So, begitu lampu hijau kami pun berjalan sambil melihat dari spion, Ertiga yang sedang menanti waktu belok kanan. Kami pun hanya bisa menyaksikan sosok ‘buruan’ itu menghilang dari pandangan.
You’re beautiful, beautiful. Kamu cantik, cantik, dari hatimu…
Wajah tampan dengan headlamp dan lubang udara besar
231/6-7(14-27Mart12)
Penulis : Dwi Wahyu R.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar