Entry Level Evalia
Geliat Nissan Evalia 2012
Kamis, 12 Juli 2012 09:01 WIB
Nissan Evalia SV MT |
Mesin: 1.498 cc 4 silinder, 114 dk Torsi maksimum : 150 Nm/4.000 rpm 0-100 km/jam: N/A Konsumsi BBM : N/A Transmisi : Manual 5-speed/FWD P x L xT : 4.400 x 1.650 x 1.850 mm Wheelbase: 2.725 mm Ground Clearance: 185 mm Ukuran ban : 165/70R14 |
Harga: Rp 162 juta (estimasi) |
Usai mencoba tipe termewah dengan di edisi lalu, kini Auto Bild fokus pada entry level yang dirilis Nissan pada tanggal 7 Juni. Sebagai tipe termurah, tentu fasilitas yang diberikan akan menjadi pertimbangan konsumen untuk meminangnya.
Tentu sisi eksterior akan menjadi perhatian pertama kami. Dari sisi depan, tipe SV belum dilengkapi fog lamp sebagai kelengkapan standar. Lalu dari samping, Anda akan menemukan kaca tanpa jendela di pintu gesernya. Sedangkan di buritan, selain emblem SV, kamera dan sensor parkir akan menjadi pembedanya. Namun wiper belakang telah menjadi kelengkapan standar. Pelek alloy 14 inci tetap menjadi kelengkapan standar meski kami menilai ia terlihat kurang cocok dengan dimensi bodinya yang cukup besar.
Memasuki interior, pengemudi akan menemukan bentuk bangku depan yang berbeda. Headrest yang menyatu dengan bangku terlihat seperti jok balap. Untung rasa yang diberikan tetap senyaman model termewah dengan busa jok empuk.
Ruang penyimpanan berlimpah sebagai ciri mobil keluarga yang praktis
Tanpa headrest sebagai ciri SV |
Head unit tanpa CD player |
Akses penumpang mudah dengan penerapan pintu geser yang lebar |
Penampilan panel instrumen tak terlihat berbeda dengan tipe XV, namun tanpa kamera parkir membuat monitor digital tidak menampilkan gambar saat posisi gigi mundur diaktifkan. Selebihnya, tetap serupa dengan tipe termewah. Selain menampilkan peringatan posisi pintu yang tdiak tertutup rapat, on-board computer-nya tetap menjadi kelengkapan standar.
Selain takometer dan data konsumsi BBM serta kecepatan rata-rata, peringatan kecepatan, pergantian oli, filter dan ban berdasarkan jarak tempuh dapat diatur. Bahkan waktu perpindahan gigi pun bisa disetel pada Evalia bertransmisi manual 5-speed yang kami coba ini.
Bila head unit tipe XV mengadopsi untuk DVD player, tipe SV malah tidak menyediakan CD player. Dengan pertimbangan mulai menurunnya penggunaan CD sebagai pemutar lagu, Nissan lebih memilih USB port, aux-in dan radio sebagai kelengkapan di Evalia SV.
Blower AC di bangku baris ketiga pun ditanggalkan pada entry level ini. Untunglah saat kami duduk di bangku baris ketiga, embusan AC tetap terasa meski kecepatan blower di depan perlu disetel pada posisi 2 – meski penerapan kaca film berkualitas menjadi cukup krusial dalam hal ini.
Tak hanya itu, kenyamanan di bangku baris ketiga pun tetap terjaga lantaran sandaran yang dapat diatur sudutnya dan menyediakan seatbelt serta headrest.
Ruang penyimpanan lapang masih tersisa di belakang bangku baris ketiga | Reflektor sebagai pemanis |
Setup suspensi leaf spring yang dilakukan Nissan tak memberi guncangan berlebih meski posisi duduk berada di poros roda belakang. Ruang penyimpanan barang di belakang pun sangat luas untuk sebuah mobil 7 seater. Apalagi tingginya bangku membuat barang dapat disimpan di kolongnya bila diperlukan.
Untuk dapur pacu, Nissan menggunakan mesin Juke. Meski tetap mengusung tipe mesin HR15DE, namun kini telah disempurnakan dengan dua injector untuk tiap silinder dan dua katup variabel di saluran masuk dan buang (dual CVTC). Alhasil, tenaga pun meningkat menjadi 114 dk dari 109 dk di Livina series.
Saat dipadu dengan transmisi manual 5-speed, tampak terasa mobil cukup bertenaga ketika melahap tanjakan dengan beban penuh sekalipun.
Perhitungan antara tenaga mesin, diameter ban, gigi transmisi dan bobot kendaraan telah membuat Evalia cukup andal ditanjakan dan efisien. Apalagi di tipe SV ini, Nissan sudah menyematkan rem ABS sehingga pengemudi tetap confident meski melaju di jalan licin sekalipun.
Setelah sukses di Nissan Grand Livina, March dan Juke, inikah waktu yang tepat untuk Nissan kembali menggeliat?
Ruang penyimpanan berlimpah sebagai ciri mobil keluarga yang praktis |
||
Desain stylish pada head lamp | Sudah dilengkapi spion elektrik | Pelek 14 inci mengejar efisiensi |
RIVAL |
Toyota Avanza 1.5G MT Mesin : 1.498 cc 4 silinder, 109 dk 0-100 km/jam : 11,77 detik Harga : Rp 167,4 juta + AC double blower, image Toyota, jaringan servis - Kabin kurang luas, belum pintu geser, gerak roda belakang |
Telah dilengkapi dual injector dan dual CVTC sehingga lebih bertenaga
FIRST OPINION Kartu pembuka telah dilakukan Nissan untuk tampil all out di kelas people carrier ini. Dengan harga Rp 160 jutaan, konsumen sudah memperoleh kepraktisan dengan pintu geser, fitur lengkap, kabin lapang dan rem ABS. Tentu ini baru langkah awal mengingat presiden direktur Nissan Motor Indonesia, Kintaro Izumida mengisyaratkan bahwa pintu geser elektrik dan captain seat di baris kedua sedang dalam study. SEKILAS PANDANG
|
Tanpa kamera dan sensor parkir menjadi ciri dari tipe SV selain emblem. Jendela geser tersedia sebagai opsional untuk tipe SV
238/26-27(6-18Jun12)
Penulis : Dhany Ekasaputra
Tidak ada komentar:
Posting Komentar