Suzuki Ertiga GX
Green Tech |
Konsumsi BBM dalam kota/tol : 14,5/18 km/l HC idle/4.000 rpm : 8/6 ppmVol CO idle/4.000 rpm : 0,01/0,01 %Vol Teknologi : - VVT - MPI |
Ini saatnya membuktikan performa Suzuki Ertiga. Selama 3 hari kami mencari kemampuan akselerasi, pengereman, konsumsi BBM sampai emisi gas buang menggunakan varian flagship, yaitu GX yang harga on-the road DKI Jakarta Rp 165 juta.
Sebagai yang paling mahal, ia sudah dibekali 2 airbag dan sistem rem ABS (Anti-lock Braking System) yang didukung EBD (Electronic Brake Force Distribution). Plus immobilizer dan kunci yang sudah terintegrasi dengan remote.
GX juga sudah dibekali sepasang tweeter yang ditanam di dasbor. Untuk mengatur kerja head unit 2DIN yang bisa memutar CD dan file lagu format MP3 pengemudi bisa melakukannya via tombol kontrol di setir.
Konsekuensi fitur lebih kaya adalah GX menjadi yang terberat dibanding 2 saudaranya (GL dan GA). Bobot bersihnya mencapai 1.180 kg. Sementara tipe GL hanya 1.175 kg dan GA yang menjadi varian basic hanya 1.160 kg. Perbedaan berat ini hanya akan memberikan pengaruh yang sangat kecil pada performa masing-masing varian.
Ertiga memakai generasi mesin 1.400 cc 4 silinder terbaru Suzuki dengan kode K14B. Dapur pacu berbahan aluminium ini menghasilkan tenaga 95 dk pada 6.000 rpm serta torsi puncak 130 Nm di 4.000 rpm. Ia sementara ini hanya dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed.
Mesin bertenaga dan efisien | Dasbor modern dengan head unit 2-DIN |
Respons mesin ini membuat kami tersenyum. Tenaga sudah tersedia sejak putaran bawah dan dengan memberikan sedikit tekanan pada pedal gas Ertiga pun sigap bergerak. Karakter seperti ini sangat pas di kondisi lalu lintas perkotaan dan memudahkan menyalip kendaraan lain.
Yang bikin kaget performanya. Untuk sprint 0-100 km/jam Ertiga mampu mencetak waktu 10,62 detik! Jauh mengalahkan pencapaian rival sekelas seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.
Banyak terdapat tempat penyimpanan barang | Tweeter buat speaker depan |
Pencapaian konsumsi BBM merupakan kejutan kedua. Untuk rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 24,3 km/jam MID Ertiga menunjukan angka 14,5 km/l. Ketika melaju konstan di jalan tol dengan average speed 91,7 km/jam, mesin mampu mengolah BBM 18 km/l.
Handling Ertiga pun terasa ‘gurih’. Kemudinya sangat ringan. Cukup responsif, walau pada saat kecepatan tinggi feedback-nya kurang terasa. Mobil ini terasa lincah saat diajak bermanuver. Ini tampaknya buah manis dari dipakainya platform Suzuki Swift yang sudah terkenal stabil.
Bantingan suspensi MacPherson strut dan torsion beam dengan coil spring pun sangat lembut. Ia mampu meredam guncangan dengan sangat baik. Apalagi busa jok, baik pengemudi dan penumpang, sangat tebal sehingga mampu memperkuat kenyamanan berkendara Ertiga. Cuma saja konsekuensi dari suspensi yang empuk adalah munculnya gejala bodyroll kala menikung cepat.
Bantingan suspensi empuk |
Akses masuk ke baris ke-3 sangat mudah. Jok baris ke-2 bisa digeser 240 mm |
Suzuki Ertiga GX | |
Harga | Rp 165 juta |
Mesin | 1.373 cc 4 silinder |
Tenaga maksimum | 95 dk/6.000 rpm |
Torsi maksimum | 130 Nm/4.000 rpm |
Transmisi | Manual 5-speed /FWD |
Panjang/wheelbase | 4.265 mm/2.740 mm |
Lebar/tinggi | 1.695 mm/1.685 mm |
Kapasitas tangki/ban serep | 45 liter/full size |
Ground clearance | 185 mm |
Ukuran ban | 185/65R15 |
Bobot | 1.180 kg |
PERFORMA | |
0-100 km/jam | 10,62 detik |
0-60 km/jam | 4,79 detik |
60-80 km/jam | 3,40 detik |
100-120 km/jam | 8,76 detik |
100 km/jam | 3.100 rpm |
Pengereman (100-0 km/jam) | 47,2 meter |
FITUR | |
Airbag/ABS/EBD/BA | 2/ada/ada/tidak |
Kontrol traksi/ESP | tidak/tidak |
AC climate control/dualzone/double blower | tidak/tidak/tidak |
CD/MP3/DVD player/cup holder | ada/ada/tidak/ada |
Monitor/USB/Aux-In | tidak/ada/ada |
Tombol audio setir/cruise control | ada/tidak |
MID/voice command | ada/tidak |
Jok elektrik/heater/ECO Mode | tidak/tidak/tidak |
Launch control/suspension control | tidak/tidak |
Keyless entry/alarm/smart key/immobilizer | ada/ada/ada/ada |
Setir adjustable reach/rake | tidak/ada |
Headlamp projector/manual levelling/HID | tidak/tidak/tidak |
Spion elektrik/pelipat elektrik/foglamp | ada/tidak/ada |
Kamera parkir/sensor parkir/hujan/lampu | tidak/tidak/tidak/tidak |
Auto door-lock/sunroof/pelek | ada/tidak/alloy 15 inci |
RIVAL |
Toyota Avanza 1.5 G MT Mesin: 1.498 cc 4 silinder, 109 dk 0-100 km/jam: 11,7 detik Konsumsi BBM tol/dalam kota: 15,26/9,14 km/l Harga: Rp 167,4 juta + Image, varian,praktis - Handling, performa, efisisensi BBM |
Jok belakang dilipat dengan mudah dan cepat
FIRST OPINION Suzuki Ertiga menawarkan paket kendaraan keluarga yang lengkap. Sangat mudah jatuh cinta kepadanya. Resepnya sederhana; desain keren, mesin bertenaga tapi hemat BBM, bantingan suspensi empuk dan kabin lapang nan fleksibel. Apalagi harga yang ditawarkan begitu menggoda. SEKILAS PANDANG - Sementara baru tersedia transmisi manual 5-speed saja. - Aksesori resmi dari Suzuki Genuine Accessories (SGA) sudah dalam proses delivery ke dealer resmi. |
236/32-33(9-22Mei2012)
Penulis : Dwi Wahyu R.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar