Test Review: Nissan NV200 Evalia oleh Sgcarmart.com
Walau tidak sekuat dan secepat para pesaingnya namun bila
berhubungan dengan jalan santai maka Nissan NV200 adalah sebuah van yang
multiguna yang dapat memakan perjalanan panjang dengan mudah. Namun
seperti kebanyakan van, prioritas utama bukanlah kecepatan dan tenaga
namun kegunaan dari ruang yang menarik pembeli.
Sebagai awalan van ini mempunyai ukuran yang sangat kompak -
panjang 4.4 meter , tinggi 1.86 meter dan lebar 1.69 meter. Dengan
ukuran seperti ini, maka kendaraan ini adalah kotak ajaib dengan ukuran
kompaknya yang mungkin tidak dapat kelihatan apakah penumpang atau
barang dapat leluasa masuk. Namun pada saat kita memasukkan barang baru
kelihatan betapa luas dan berpotensi van ini.NV200 adalah pilihan yang
sangat berguna bila memerlukan ruang barang yang luas dan Nissan mungkin
te;ah menciptakan suatu van yang dapat menjual dengan baik.
Eksterior
Selama pengembangan NV200 perhatian utama yang diberikan Nissan adalah menjamin kualitas tinggi dari kerapatan panel bodi yang sesuai dengan harapan pembeli mobil penumpang. NV 200 mempunyai tinggi lantai kargo 524mm dan ini merupakan yang terendah dikelasnya, ini memungkinkan pemilik usaha dapat menaikkan dan menurunkan barang dengan mudah.
Saya kira NV200 telah didesain agar dapat berfungsi sebagai kendaraan niaag dan penumpang. Hal ini karena desain bagian muka sangat berbeda dengan van yang kita lihat dijalan. Jika desainer NV200 telah memikirkan hal seperti itu maka kita dapat melihat bahwa tampilannya sangat mirip dengan SUV.
Selama pengembangan NV200 perhatian utama yang diberikan Nissan adalah menjamin kualitas tinggi dari kerapatan panel bodi yang sesuai dengan harapan pembeli mobil penumpang. NV 200 mempunyai tinggi lantai kargo 524mm dan ini merupakan yang terendah dikelasnya, ini memungkinkan pemilik usaha dapat menaikkan dan menurunkan barang dengan mudah.
Saya kira NV200 telah didesain agar dapat berfungsi sebagai kendaraan niaag dan penumpang. Hal ini karena desain bagian muka sangat berbeda dengan van yang kita lihat dijalan. Jika desainer NV200 telah memikirkan hal seperti itu maka kita dapat melihat bahwa tampilannya sangat mirip dengan SUV.
Dari segi desain keluar masuk maka NV200 mempunyai sepasang pintu geser yang biasa serta pintu dobel pada bagian belakang (versi penumpang akan mendapatkan pintu seperti hatchback).
Namun pada bagian belakang adalah dimana keajaiban terjadi.
Walau kebanyakan van berpenampilan kotak, van ini kelihatan lebih besar dan tinggi. Tidaklah begitu buruk karena memang itulah tujuan utama dari NV200, namun lampu belakang dibentuk sangat unik dengan logo NV200 yang terpampang dengan bangganya pada bagian belakang.
Interior
Bagian dalam dari NV200 mempunyai kesederhanaan – terutama dengan sistem stereo JVC – sehingga dapat digunakan dengan mudah dan hanya sekedar buat mendengarkan musik. Namun walau sesimpel kelihatan sebuah mode AUX-in diberikan sebagai opsi. Sebuah dasbor yang kelihatan simpel sangat dapat diterima terutama dengan karakter kendaraan ini, namun tidak bagi setir yang kelihatan terlalu membosankan. Warna abu-abu tua juga memberi kesan depresif untuk berada didalamnya. Sebuah fitur yang tidak dapat dipungkiri berbeda adalah saklar sein. Tidak seperti kendaraan Jepang pada umumnya, saklar sein pada NV200 berada di sisi kiri bukan di sisi kanan. Jadi mirip dengan kendaraan Eropa. Ini karena NV200 didesain di Inggris namun dirakit di Jepang. Itulah sebab perbedaan dengan kendaraan Jepang lainnya.
Bagian dalam dari NV200 mempunyai kesederhanaan – terutama dengan sistem stereo JVC – sehingga dapat digunakan dengan mudah dan hanya sekedar buat mendengarkan musik. Namun walau sesimpel kelihatan sebuah mode AUX-in diberikan sebagai opsi. Sebuah dasbor yang kelihatan simpel sangat dapat diterima terutama dengan karakter kendaraan ini, namun tidak bagi setir yang kelihatan terlalu membosankan. Warna abu-abu tua juga memberi kesan depresif untuk berada didalamnya. Sebuah fitur yang tidak dapat dipungkiri berbeda adalah saklar sein. Tidak seperti kendaraan Jepang pada umumnya, saklar sein pada NV200 berada di sisi kiri bukan di sisi kanan. Jadi mirip dengan kendaraan Eropa. Ini karena NV200 didesain di Inggris namun dirakit di Jepang. Itulah sebab perbedaan dengan kendaraan Jepang lainnya.
Namun posisi mengemudi dan ruang penyimpanan yang banyak akan menghilangkan kekurangan yang ada.
Kursi pengemudi berada agak sedikit tinggi sehingga dapat
memberikan visibiltas yang baik. Kursi juga memberi dukungan yang baik
sehingga nyaman pada perjalanan jarak jauh. Baik pengemudi maupun
penumpang mendapatkan cupholder yang berada pada dasbor dan konsol
tengah, serta ada juga ruang penyimpanan yang besar didasbor yang dapat
dipergunakan untuk menyimpan file . Kekurangannya dia tidak ada penutup
sehingga file dan kertas-kertas kita jadi kelihatan.
Sama dengan kabin depan maka ruang kargo dapat dikatakan sedikit diremehkan.
Ruang yang dapat diberikan NV200 sangat impresif untuk sebuah van
kecil dan memberi keuntungan tawar yang besar. Ruang kargo adalah
sebesar 4,200 liter dengan daya dukung seberat 752kg dan mempunyai
pintu belakang yang dapat membuka 180 derajat , dan sanggup memasukkan
dua palet Eropa dengan mudah.
Pengendalian
Setir yang ringan dan girboks manual lima percepatan yang presisi menjadikan NV200 sangat ideal untuk jalan di dalam kota dan jalan sempit. Radius putar 5.5 meter juga memudahkan dia bila berada di jalan yang sempit. Ada body roll pada saat mengendarai mobil ini namun itu adalah ciri khas sebuah van. . Walau dia berjalan cukup baik selama test drive dan pada saat memasuki jalan bergelombang masih dapat berjalan dengan cukup baik serta menikung dengan penuh kontrol namun suspensi seharusnya dapat diperbaiki lagi (ingat Singapura mempunyai jalan yang lebih mulus dari Jakarta, jadi besar harapan PT. NMI dapat settingan suspensi yang nyaman). NV 200 sangat hening pada saat jalan dan mempunyai sedikit bunyi angin dan mesin, itu juga berlaku pada kecepatan tinggi. Hal ini tentu sangat mengejutkan mengingat ini adalah compact van.
Saya sendiri merasa bahwa tongkat persneling berada pada posisi yang cukup baik. Dan walau kursi memberikan daya dukung yang cukup baik saya tidak dapat menemukan saklar untuk mengatur posisi setir. Akan sangat membantu bila setir dapat diatur naik turun.
Setir yang ringan dan girboks manual lima percepatan yang presisi menjadikan NV200 sangat ideal untuk jalan di dalam kota dan jalan sempit. Radius putar 5.5 meter juga memudahkan dia bila berada di jalan yang sempit. Ada body roll pada saat mengendarai mobil ini namun itu adalah ciri khas sebuah van. . Walau dia berjalan cukup baik selama test drive dan pada saat memasuki jalan bergelombang masih dapat berjalan dengan cukup baik serta menikung dengan penuh kontrol namun suspensi seharusnya dapat diperbaiki lagi (ingat Singapura mempunyai jalan yang lebih mulus dari Jakarta, jadi besar harapan PT. NMI dapat settingan suspensi yang nyaman). NV 200 sangat hening pada saat jalan dan mempunyai sedikit bunyi angin dan mesin, itu juga berlaku pada kecepatan tinggi. Hal ini tentu sangat mengejutkan mengingat ini adalah compact van.
Saya sendiri merasa bahwa tongkat persneling berada pada posisi yang cukup baik. Dan walau kursi memberikan daya dukung yang cukup baik saya tidak dapat menemukan saklar untuk mengatur posisi setir. Akan sangat membantu bila setir dapat diatur naik turun.
Secara keseluruhan kotak bermesin 1.5 liter ini cukup baik
dikendarai. Dengan tenaga puncak sebesar 85 hp pada 3750 rpm dan 200Nm
pada 2000rpm merupakan suatu kendaraan yang dapat dikemudikan dengan
baik.
Kesimpulan
Kotak ini membawa kita ke tingkatan baru dari luas ruang dan kenyamanan pada compact van. Ini adalah salah satu kendaraan yang cukup baik untuk diihat, mudah dikendalikan dan praktis bagi orang untuk bekerja. Dia juga adalah pemenang dari beberapa penghargaan seperti 2010 International Van of the Year dan Van of the Year 2010.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar