Hari ini Jalan-Jalan eh ketemu Bset21
Numpang dicollect ceritanye...
Perbaikan kaki-kaki Nissan Serena C23 .. “Camber” super negatif
Kondisi awal.. Camber roda belakang super negatif.. Bagian atas “ambles” ke dalam.. Bodi belakang mobil juga jadi “ngesot”… Belum lagi ada suara “orkes simfoni” dan “klotak-klotak” kalau lewat jalan bergelombang apalagi kalau jelek…Dari informasi di Internet juga… Mobil dibawa ke bengkel “Marathon Shock” di Jalan Moh. Toha Bandung… Dari Gerbang Tol Moh Toha.. belok kiri… terus.. sampai sebelum jalan Karasak.
<– Recommended..
Mulai pembongkaran kaki-kaki
Ternyata… Bushing-2 sudah rusak berat semua… Posisi bos sayap sudah tidak sentris lagi… sudah eksentris..
Ternyata lagi … Bushing-2 itu bukan orisinil… tapi sudah dimodifikasi menggunakan bushing bahan polyurethane.. yang sebetulnya cocok untuk per daun…. Padahal mestinya pakai bos-bushing yang khusus untuk suspensi independen.
Akhirnya bushing-2 dan karet-2 penutup diganti… sekalian “rekondisi” ball-joint depan dan belakang ( tidak diganti)… dan juga ganti shockbreaker. .. Lengan stabilizer belakang, yang ternyata juga tidak sesuai ukuran dan tipenya, juga harus diganti.
Shockbreaker belakang pakai Tokico … sedangkan yang depan dimodifikasi dari model “strut” ke model “cartridge” … dengan shockbreaker oli yang bisa di-”refill” …
Hasilnya… setelah satu hari kerja … roda belakang “tegak dan lurus” lagi … Dan bisa di-spooring dengan mudah,,,
Lumayan … dengan total biaya sekitar 5 jt! … Mobil nyaman lagi untuk “ngarayap” di tol Cipularang-Cikampek-Jagorawi … 140 kpj pun nyaman… (ma’af pak Polisi…)
Bandung – 15 Februari 2012 …
emmnag megang serana C23 bikin gatel :D bravo
BalasHapus