BISNIS OTOMOTIF
Setelah Ertiga kini meluncur Evalia
Oleh Arif Wicaksono Aryadi - Jumat, 08 Juni 2012 | 07:15 WIB
JAKARTA. Persaingan memperebutkan pasar mobil low multi purpose vehicle
(MPV) bakal semakin ketat tahun ini. Setelah Suzuki Ertiga meramaikan
pasar di segmen mobil terlaris ini, kini giliran PT Nissan Motor
Indonesia yang tak mau ketinggalan dengan meluncurkan Nissan Evalia.
Toshiyuki Shiga, Chief Operating Officer
Nissan Motor Co Ltd, mengatakan, Nissan jelas kepincut ingin mencicipi
pasar di mobil yang paling populer di Indonesia ini. "Kehadiran Evalia
membuat pilihan konsumen terhadap produk Nissan semakin lengkap,"
katanya saat peluncuran Evalia, Kamis (7/6).
Menurut data Gabungan Industri Kendaraan
Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil MPV kelas bawah ini di
kuartal I-2012 mencapai 72.008 unit. Angka tersebut naik 2,6% dari
penjualan periode yang sama tahun lalu yang sebesar 70.202 unit.
Sepanjang 2011, penjualan mobil segmen ini
mencapai 265.981 unit. Kalangan industri otomotif pun yakin angka
penjualan mobil MPV bakal terus tumbuh tahun ini.
Teddy Irawan, Vice President Director National Sales and Promotion
Nissan MotorIndonesia, menargetkan penjualan Evalia sampai akhir tahun
fiskal 2012 (April 2012-Maret 2013) mencapai 50.000 unit. "Kami
targetkan pangsa pasar Evalia di pasar MPV sebesar 20%-25%," katanya.
Semenjak Nissan membuka pemesanan terhadap Evalia mulai awal Mei silam, hingga kini sudah ada sekitar 1.000 unit yang dipesan.
Evalia sendiri merupakan produk rakitan dari
pabrik Nissan di Cikampek, Jawa Barat. Nissan mengklaim, kandungan lokal
Evalia sudah mencapai 75%. Dan di tahun depan, kandungan lokalnya sudah
mencapai 90%.
Pesaing tak gentar
Entah disengaja atau tidak, target penjualan
Evalia juga sama persis dengan target penjualan yang dicanangkan PT
Suzuki Indomobil Sales saat meluncurkan Ertiga sebagai pesaing berat
Avanza dan Xenia. Akira Utsumi, President Director PT Suzuki
Indomobil Sales, menargetkan bisa menjual Ertiga hingga 50.000 unit
selama satu tahun. Hitungannya itu dimulai Maret 2012, saat Ertiga mulai
menggelinding di jalan raya di Tanah Air.
Endro Nugraha, Direktur Pemasaran Suzuki
Indomobil, yakin Ertiga bisa bersaing dengan baik di segmen ini. Sebab,
Suzuki menghadirkan tiga varian Ertiga sekaligus dengan rentang harga Rp
143 juta-Rp 165 juta per unit.
Adapun sang penguasa pasar, PT Toyota Astra
Motor, mengaku tidak gentar dengan para pesaing Avanza, produk terlaris
Toyota Astra. Menurut Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran Toyota Astra
Motor, masyarakat masih menyukai Avanza karena cocok dengan kondisi
jalan di Indonesia. "Sekaligus harganya juga terjangkau," katanya.
Meski muncul banyak pesaing, Joko tetap yakin
bahwa penjualan Avanza minimal bakal sama dengan penjualan tahun lalu
yang mencapai 162.367 unit. Dari data Gaikindo, penjualan Avanza di
kuartal satu mencapai 47.998 unit atau naik 4% dari periode yang sama
tahun lalu yang sebesar 46.140 unit.
Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, juga
masih yakin penjualan Xenia bakal mencapai 72.500 unit di tahun ini.
Tahun lalu, Xenia berhasil terjual sebanyak 66.835 unit. n
Tidak ada komentar:
Posting Komentar