Leaf Spring Nissan Evalia
Disaat yang lain pada merubah suspensi
pake per keong(coil spring), dengan percaya dirinya Nissan Evalia
menggunakan Leaf Spring atau sebutan keren nya per daun. Pastinya ini
akan membuat calon konsumen mengernyitkan dahi dan penuh tanda tanya
besar terutama yang awam perkembangan teknologi. Image per batang (leaf
spring) bagi konsumen Indonesia lebih mengacu pada mobil beban berat
yang kerap jauh dari kesan nyaman. Namun Leaf Spring memiliki kelebihan,
yaitu kesetabilan.
Dengan pemakaian Leaf Spring lantai
Evalia bisa lebih rendah sehingga menghasilkan space interior yang super
lega. Dengan lantai yang rendah, membuat centre of gravity akan menjadi
lebih baik dan memberi pengaruh terhadap kestabilan di kecepatan tinggi
mengingat body Evalia yang besar dan tinggi. Selain itu, dengan
penggunaan leaf spring, maka titik yang bersinggungan dengan platform
akan semakin banyak. Bila menggunakan coil spring (per spiral), maka
setiap roda hanya memiliki satu titik tumpuan. Dengan leaf spring, maka
akan ada dua titik. Alhasil, kemampuan saat bermanuver akan lebih baik
bila menggunakan leaf spring meski dengan dimensi kendaraan yang cukup
besar. Dan tentunya gejala limbung saat manuver juga tereliminasi.
Masalah kelembutan suspensi, engineer
Nissan tinggal menyesuaikan kekerasaan per dari bilah per yang
digunakan, material, sudut lengkungan dan fleksibel dari desain suspensi
serta sasis. Jumlah bilah per juga berpengaruh. Uniknya Nissan Evalia
ini cuma memakai 1 helai saja tiap roda(belakang). Ini juga termasuk
teknologi terbaru per daun atau disebut juga Single Leaf spring. Bahkan
model Single Leaf Spring begini juga tersedia untuk truk berat. Jadi
tidak usah kawatir soal kenyamanan meski pakai per daun. Toh ada juga
mobil yang sudah pakai per spiral bantingannya masih terasa keras.
Pemakaian per daun ini juga mengurangi
bobot mobil karena lebih sederhana dan memakai lebih sedikit komponen
dibandingkan per spiral. Lagi, pemakain per daun juga membuatnya tidak
terlalu banyak link dalam suspensi sehingga tangguh menghadapi jalanan
yang kurang mulus dan mudah dan murah perawatan juga perbaikananya.
Salah satu bukti mobil yang memakai per daun dan nyaman bantingan suspensinya adalah Opel Blazer dan saya pernah mengendarainya.
Tentang Leaf Spring sendiri sebetulnya
sekarang ini teknologinya juga berkembang terus. Bahkan kenyamanannya
tidak kalah dengan Coil Spring meski tidak setara. Salah satu Leaf
Spring tersebut adalah jenis Parabolic/Long Tappered yang sudah banyak
dipasang pada truk dan bus untuk mendapatkan kenyamanan yang lebih dan
dapat menahan bobot yang besar pula.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar