language Translations "Mbah Google"

ArabicJapaneseChinese SimplifiedRussianEnglish
FrenchGermanSpainItalianDutch


Kamis, 02 Agustus 2012

Nissan Evalia Elektrik

Tahun Depan, Nissan Evalia Elektrik Siap Mengaspal

Jakarta – Setelah kesuksesan mobil listrik Leaf, tampaknya Nissan keranjingan untuk mengeluarkan varian mobil elektrik mereka. Dan belum lama ini, Niissan mengumumkan akan merilis produk massal dari MPV NV200 elektrik atau dikenal di sini dengan sebutan Evalia.

Rencananya, mobil yang mendebut awal tahun di Detroit Motor Show 2012 ini akan diproduksi di pabrik Nissan yang berlokasi di Barcelona, Spanyol. Dan baru memasuki tahap penjualan secara global pada tahun 2013 nanti. Bahkan agar fasilitas ini dapat memenuhi pasar global, Nissan menanamkan investasi hingga 100 juta Euro, atau sekitar Rp 1,1 triliun.

Sampai saat ini, Nissan masih menyimpan spesifikasi detail Evalia elektrik. Namun pihak pabrikan tersebut menyatakan jika Evalia elektrik akan menggunakan sumber tenaga dan komponen yang sama pada Nissan Leaf.

Yup, Evalia elektrik ini dibekali  motor listrik tipe AC bersinkronisasi dengan daya 80kW dan torsi 280 Nm. Seperti LEAF EV, motor itu dilengkapi paket baterai lithium-ion dan menyalurkan tenaga ke roda depan dengan transmisi satu pecepatan.

Dari luar tampilan e-NV200 lebih elegan dan futuristik dengan balutan warna biru langit khas LEAF EV. Selain itu, bentuk headlamp bersudut tajam, sedangkan front fascia didesain mirip LEAF EV. Sementara bagian belakang disematkan stoplamp berlekuk dan bumper dengan diffuser.

Keunggulan yang ditawarkan pada Evalia elektrik ini menurut Nissan terletak pada kelegaan kabin dengan fungsi yang dapat disesuaikan pada kebutuhan, serta bebas emisi berkat aplikasi motor listrik dari Leaf.

Dalam pernyataannya, Nissan Executive Vice President Andy Palmer mengatakan, "Evalia elektrik merepresentasikan gebrakan nyata di kelas kendaraan komersil dan menegaskan kepemimpinan Nissan pada segmen mobil elektrik.” (mobil.otomotifnet.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar