language Translations "Mbah Google"

ArabicJapaneseChinese SimplifiedRussianEnglish
FrenchGermanSpainItalianDutch


Senin, 04 Juli 2011

Serba Serbi Perawatan Mobil

Berikut serba serbi perawatan mobil dan kendala teknis paling umum terjadi pada pengendara mobil. Ada baiknya dipahami agar kita terhindar dari kendala-kendala tersebut:
  1. Bagaimana cara merawat mesin sehari-hari ?
    Periksa stik oli / pengatur oli mesin, apakah oli berada di bawah garis bawah. Periksa juga air radiator dan botol cadangan air radiatornya. Periksa minyak rem & minyak koplingCek filter udara apabila kotor dapat disemprotkan dengan angin kompresor.
  2. Setiap berapa kilometer kah oli mesin & oli filter diganti ?
    Oli mesin biasa diganti antara 4000 km – 5000 km tapi berhubung iklim di indonesia dan jalanan yang banyak macet, banyak juga yang menganjurkan kepada konsumen untuk ganti oli mesin pada 3.500 km. Kalau filter oli sebaiknya 2x ganti oli 1x ganti filter oli.
  3. Apa benar setiap kali kita servis / tune up mobil harus mengganti busi & filter bensinya ?
    Tidak juga, karena busi pemakaiannya cukup tahan lama sehingga tidak perlu selalu diganti, biasa dibersihkan dan stell ulang kerengganganya saja. Begitu juga dengan filter bensin bisa saja dibersihkan dengan carburator cleaner.
  4. Apa saja yang menyebabkan suhu didalam mesin menjadi meningkat / overheat ?
    Bisa dari radiator / sirkulasi radiator tidak bagus / mampat. Kipas motor fan radiator yang lemah / sudah mati. Adanya sensor yang sudah tidak bagus / termostart. Adanya selang yang bocor atau bisa juga dari cylinder head yang melengkung / packing head yang sudah rusak.
  5. Apa yang menyebabkan pengapian mobil mati mendadak ?
    CDI yang sudah kena / haus atau platina yang habis atau Coil yang mulai lemah.
  6. Apa yang menyebabkan asap putih keluar secara terus menerus dari ujung knalpot ?
    Bisa ring seher yang sudah lemah. Adanya baret pada dinding bearing blok. Sudah adanya kerenggangan antara bering dengan riston / ring piston sehingga mesin harus diturunkan / overhaul mesin.
  7. Bagaimana cara menjaga mesin yang selalu normal bensinya / tetap irit ?
    Caranya adalah dengan menjaga kebersihan dan perawatan rutin seperti menjaga kerak didalam saluran in take dan ruang bakar dengan cara memahami conditioner tune up / carbon clean. Menjaga filter udara agar selalu bersih dan tidak mampat. Menjaga tangki bensin dan filter bensin agar selalu bersih sehingga tidak ada kotoran di dalam tangki bensin sampai naik ke mesin.
  8. Apa penyebab pedal rem tiba-tiba amblas dan rem tidak pakem?
    Salah satu kemungkinannya adalah master rem yang sudah haus/ baret sehingga tidak ada tekanan (liquid pressure) yang normal menuju ke masing-masing rem.
  9. Apa yang menyebabkan bunyi tak-tak-tak di dalam blok mesin saat lamsam dan kalau di gas suaranya makin kencang ?
    Kalau sambil digas bunyi makin keras sudah pasti dari metal salon yang sudah aus.
  10. Apa saja yang menyebabkan kopling menjadi slip?
    Adanya kebocoran oli dari sel kruk as sehingga plat kopling menjadi basah (oli). Penyebabnya antara lain keseringan menahan kopling disaat macet, dan plat kopling yang sudah aus / tipis.
Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar