language Translations "Mbah Google"

ArabicJapaneseChinese SimplifiedRussianEnglish
FrenchGermanSpainItalianDutch


Rabu, 23 November 2011

Kisah perjalanan satu unit Toyota Starlet bernama "STARPUT"

Iseng-iseng jalan-jalan di KasKus, eh ada ada tread Starlet "StarPut" Putih GT EP8#-AGPQY,coba diintip, eh menarik juga nee Kisah Perjalanan satu unit Toyota Starlet bernama "STARPUT"
biar kaga susah nyari lagi, numpang ane pejeng om treatnya, buat inspirasi.....
 AL KISAH......
Berawal dari munculnya satu unit Toyota Starlet 1300cc, tipe 1.3-SE, dgn tahun produksi 1991 bulan Oktober dari Auto 2000 Daan Mogot
 
1 bulan kemudian, ganti velg pake OZ bekas M40. jaman thn 1991, belum ngerti ukuran velg. taunya cuman 15 inchi. gak ngerti offset. jadi nya nongol dan harus di tinggi-in. jadi cupu....

setelah itu, coba2 pake spoiler dan body kit... kalo sekarang dilihat, persis mobil planet..

bosen dan kurang bagus ah dgn penampilan tinggi begini..
diceperin lah akhirnya. meski dgn ajrut2an. kalo dikasi empuk, pasti mentok dgn fender meski sdh dilipat.
 bosen dan kurang bagus ah dgn penampilan tinggi begini..
diceperin lah akhirnya. meski dgn ajrut2an. kalo dikasi empuk, pasti mentok dgn fender meski sdh dilipat.


akhirnya di tahun 1997, mendapatkan 5 pieces velg enkei Neve 15", 4x100, ET45.
sangat masuk fender dan tidak akan mentok.
mampir ke tukang cat utk di cat putih biar sewarna body.

meski ceper, tapi empuk.
Neve inilah yang menemani starput sampe hari ini. sudah 13 thn Neve ini menjadi sepatu resmi utk jalan2 ke mana pun.

karena sering dicela ama boss ISC jaman dulu beserta temen2nya, thn 1997 ganti bemper depan ke thn 1993 yg SE-G, sementara yang belakang pake bemper std.
utk mempertegas kesan tebel pada bemper depan, dipakein lip spoiler plastic toyota corona twincam 2000.

dann di 1997 ini... tercapailah punya dan pake lampu dan garnish GT. tahun segitu, garnish dan lampu GT udh exclusive bener dan jadi cita2 para pemilik starlet walaupun belum ada yg pake lampu bulet dan mesin 4EFTE turbo. Jaman segitu malah gak ngerti ttg mesin 4EFTE.

suatu ketika, ada yang nawarin melber 17.
ya coba dan pake. di saat itu, tahun 99, melber merupakan salah satu velg yg paling dicari.
namun, saat start dan nge-rem nya jadi lebih susah. gaya sih memang, tapi repot bawa nya.

Di bulan Sept 2002, di saat mesin sdh menempuh jarak 115 ribu km sejak baru thn 91 Oct, di overhaul kan lah mesin 2E ini. Karena piston nomor 1 udh mulai basah terus busi nya.

di bulan oct 2002,
Setelah mesin beres, sebulan kemudian, sekalian ngerjain project body depan.
ganti kap mesin, ganti bemper, ganti lampu GT kotak, ganti grill GT kotak. termasuk pasang bemper belakang yg GT juga.
Desember 2005,
saat pulang dari kantor, saat di depan gdg pusri tol tomang situ, saat masih macet, tiba2 mobil di depan nge-rem mendadak. satu mobil 318 i thn 2005.
injek rem tiba2 dan tarik rem tangan. gak dapet juga.
nabrak lah akhir nya..
ringsek tuh lampu depan kiri. sementara bemper bmw gak penyok sedikit pun. miring dan lecet pun tidak...

pulanglah dgn hati sedih dan sebel
Akhir nya diputuskan ganti pake lampu bulet.. dipasanglah lampu ini di februari 2006 setelah keluar bengkel cat.
Lumejen buat hiburan meski harus ngejebol simpenan dikit-dikit...

Suatu ketika saat sdg pasang wiring lampu bulet yang baru dipasang, ada yang nawarin buat pake mesin 4EFTE dari halfcut. boljug nih... terus request deh... minta yang matic.
jakarta macet terus dan udh 15 thn dgn jarak tempuh 115 ribu km nyetir starput pake manual. pengen coba sensasi turbo matic.

dan jadi lah starput itu akhir nya setelah melalui perjalanan panjang dari oktober 91 dgn mesin standard nya yg sempat overhaul sekali, ganti pake 4EFTE di oktober 2006. tepat di umurnya yang ke - 15. suatu hadiah besar buat dia... hihihihi....
Baru sebulan pake 4EFTE, di november 2006, nabrak honda city di depan berlokasi di jalan tol pd gede menuju cawang...
hanya karena telat melihat kedepan karena mobil di depan melambat kan mobil nya. ingin melihat truk terguling di arah berlawanan.
telat nge-rem... karena sambil SMS-AN !!! nahhh makanya SMS itu sangat berbahaya dilakukan sambil nyetir. mending langsung nelpon aja...
di derek lah ke bengkel langganan pake derek nya jasa marga bayar 350 rebek

4 minggu lamanya mobil ini nginep di bengkel body buat di repair.
terkendala masalah waktu krn sdh akhir tahun mekanik2 nya pada libur, dan mesti indent bracket lampu dari Toyota Japan kira2 2 minggu.
lumayan juga boncos krn kejadian ini. ganti honda city yang ditabrak, 2,5 jt. perbaikan mobil sendiri, 4,5 jt. ckckckck..... membuat pikiran menjadi gundah.
meski kemudian mobil ini pulih kembali. bisa menghibur juga akhirnya.

overhaul

Udah kepalang boncos buat repair body, sekalian juga deh overhaul mesin.
dari pertama pasang mesin 4EFTE dari halfcut, gak dioverhaul waktu itu.
masuklah ke suatu bengkel di daerah jatiwarna pd.gede sana. juragan nya seorang oknum penjahat ber-inisial 'Y'.... udah penjahat, oknum pula......
cylinder head, piston, udh berkerak semua. termasuk valve juga hitem...


Sekalian di pnp. Udh disiapin parts2 pengganti biar bener2 seger...
Packing set 4EFTE, Fuel Filter 4E

setelah mesin dirakit, selesai inreyen kemudian pasang dastek unichip type-Q.

Mumpung sekalian lagi dipretelin, kecil2an di halus2in dari pada ntar kerja dua kali bongkar pasang...

sekaliang pasang adjustable cam gear (sprocket)

meningkatkan pengapian menggunakan MSD-6AL dan tach adapter nya...

termasuk coil jacobs

kemudian oli pake Purple Oil.

Di umurnya yang ke 18 di bulan oktober 2009, pesenan coilover yang telah datang pada bulan februari 2009 akhirnya terpasang. Ditambah dengan lower bar 4 points.
suatu hadiah ulang tahun yang membuat dia pasti senang dpt kaki-kaki baru.

1 set coilover hotbits

telah terpasang

ultraracing lower bar

Di bulan oktober 2009 ini,
ditambah sepasang recaro seat LX yang didapat saat jalan2 ke otobursa bulan juli 2009 kemarin di senayan.
baru kepasang saat di hari ulang tahun nya dia ini...
dengan bracket made in carrera antasari. bener2 rapih bracket recaro bikinan pak herman ini.
saya anjurkan utk bikin bracket recaro di pak herman bagi yg mau pasang recaro di mobilnya.
tapi rel nya cari sendiri....

Inilah yang sdh ditunggu-tunggu dari februari 2008.
satu set header manifold utk 4EFTE. akhirnya tercapai juga. ternyata ada teman yang pernah bikin utk starlet nya, tapi belum sempet dipake.
pucuk dicinta ulam tiba.. dipasanglah plus downpipe nya.
manifold std 4E saluran nya sangat sempit... membuat aliran angin dari outlet sangat terhambat.

terpasang dgn rapih berkat jasa seorang tuner kenamaan yang terpercaya

Semua planning sdh hampir tercapai. tinggal pasang header, dan pasang greddy e-manage ultimate, terus dyno.

setelah itu, yang terakhir pengen re-paint. udh 18 tahun umurnya dari sejak baru keluar dari pabrik toyota di sunter september 1991, sampe hari ini januari 2010, cat nya masih belum pernah di re-paint. masih cat pabriknya.
kasian juga dia pengen pake baju baru. tapi belum sempet-sempet.

OEM Recaro Seat for Toyota Starlet EP

Akhirnya dengan perjuangan, di bulan April 2010, berhasil mendapatkan 1 set recaro seat yang memang di Jepang nya sendiri, starlet GT Advance menggunakan recaro spt type ini.... perburuan yang cukup lama utk cari type yang model nya bener2 spt ini.
Model dgn 3 stripe di bagian tengah nya, motif catur abu-abu, dgn slider extention di bagian paha.

setelah dicuci, dijemur dulu

menggunakan bracket dan rail universal yang sudah ada, terpasang lah akhirnya

recaro yang sudah terpasang sebelumnya, dicopot deh.....

CUSCO Pillow Ball

Seorang teman lama punya Pillow Ball merk Cusco.
type utk Starlet EP... kebetulan nih... harganya bersahabat pula.

belum sempet dipasang. difoto dulu.


Instrument Cluster & TRD Speed Meter EP82

Ada yang jual Speed Meter TRD utk Starlet GT di Hongkong lengkap dengan instrument cluster nya. Karena ini barang langka sekali, hajarr deh... Meski lumejen juga harga nya, tapi apa boleh buat. Yang baru udh discontinued gak dibikin lagi.

Itu orang Hongkong tau aja ini barang rare yg masih dicari-cari pemakai Starlet.

Setelah nego, barang dikirim. Sampe juga akhirnya.


Sebulan belum punya waktu buat pasang, akhirnya dipasang juga hari ini. Tes jalan, normal. Seneng juga ada mainan baru

Pasti si Starput tambah seneng lagi. Diajak jalan2 meski hujan, maunya ngebut terus dia. Sampe gak sempet foto. Saat ketemu lampu merah, baru lah bisa foto sejenak.

Calendar 2011

Bulan September 2010 dipanggil Toyota Astra Motor untuk Photo Session di studio. Kata mereka Starlet mau disandingkan dgn Yaris utk foto Calendar Toyota Astra Motor thn 2011.

Minggu lalu tgl 25 Dec 2010 di kiosk majalah ada Auto Expert vol 22 ada insertion Calendar Toyota, gw beli deh..
ehhh benerr... muncul lah Starput di calendar bulan Sept 2011 - Okt 2011. Bulan Oktober itu hari ulang tahun nya dia pula.

Jalan-jalan

Suatu hari tgl 15 Feb 2011, hari Selasa tanggal merah, jalan-jalan ahh ke Garasi Starlet-Starlet di Jatiwarna sana. Tapi lagi males gelinding sendiri, digendong aja ahh....

Project Started, Feb 2011



dudzski is offline  
Touchdown: Jl. Cempaka, Bintaro



Proses no.1 in March 2011




Process no: 2 => Rust removal. (April 2011)




Proses no.3 => Old Paint Removal. (May 2011)



Proses no.4 => Top Cut Moonroof EP82 installed. (May 2011)

Before

Top Cut item. Original roof Starlet EP82 with moonroof



After Successfully installed


Process no.5 => Old Paint Removal. (June 2011)



Rear Fender Rolled
Process no.6 => Base coat number 1. (June 2011)




Process no.7 => Base coat number 2 (July 2011)


Process no.8 => Primary Surfacer number 1 (26 August 2011)



Process no.9 => Finalizing primer surfacer (12 Sept 11)



Process no.10 => Secondary primer surfacer (10 Okt 11)


Process no.11 => Detail finishing of secondary primer surfacer (12 Okt 11)






Process no.12 => first layer of paint for inner frame (25 Oct 11)


Process no.13 => engine bay successfully been painted (27 Oct 11)



Process no.14 => Front & Rear Frame Anti Rust Layer (29 Oct 11)



WAH MANTAP BANGET NI GAN YANG SATU INI
habis berapa duit tuch gan ckckckckckck

1 komentar:

  1. mantabs...gak bayangin berapa budgetnya nih....hehehe sebanding dengan hasilnya. selamat ya bro....
    starno72

    BalasHapus